Paket Facebook Marketing

Anda pasti sudah tahu banyak sekali yang menceritakan kisah sukses mereka dengan memanfaatkan Facebook sebagai media marketing online. mereka mampu meningkatkan penjualan online melalui facebook.

Tentu Anda sudah bisa tebak mereka tidak mendapatkan hal tersebut secara instan. Ada hal yang pasti mereka lakukan. Atau bahkan ada “rahasia dapur” yang membuat mereka menaikkan omset penjualan melalui Facebook.

Beruntung karena ada beberapa dari mereka yang mau berbagi ilmu, entah itu melalui buku, ebook, video tutorial, atau bahkan WS atau workshop. Dan tanpa diragukan lagi, banyak orang berbondong-bondong memborong buku, ebook, video tutorial, dan bahkan ikut semua workshop yang diadakan oleh orang sukses di bidang Facebook marketing tersebut.

Lalu, apakah mereka semua juga sukses? Faktanya tidak. Apakah ada masalah dengan materi yang disampaikan di dalam buku, ebook, video tutorial atau WS? Tidak.

Beberapa dari mereka justru bingung. Bingung harus memulai dari mana. Saking banyaknya materi yang mereka pelajari, semakin bingung apa yang mereka harus lakukan. Hingga akhirnya mereka malah justru fokus belajar dan lupa bagaimana mengeksekusi yang tepat.

Mungkin Anda adalah salah satu dari mereka. Anda sudah punya banyak koleksi buku Facebook Marketing, ebook, video tutorial, dan bahkan sering mengikuti WS namun hasilnya masih nol besar.

gara-gara facebook

Anda harus mengakhiri kebingungan tersebut. Dengan cara apa? Dengan memahami core dari strategi marketing dengan menggunakan media sosial berupa Facebook. Anda tidak boleh seperti anak sekolah yang pelajari banyak hal namun tidak tahu tujuannya dan tidak tahu apa yang harus segera Anda dapatkan.

Lalu, apa saja core dari Facebook marketing yang dimaksud tersebut? Setidaknya ada tiga hal yang sangat penting ketika Anda ingin memanfaatkan Facebook untuk meningkatkan penjualan online, yaitu copywriting, personal branding, dan fitur Facebook.

Anda mungkin sudah pernah dengar ketiga hal tersebut. Namun, apakah Anda benar-benar paham dan tahu bagaimana cara menerapkannya? Penjelasan singkat berikut ini semoga bisa membuat Anda tahu apa yang seharusnya Anda lakukan segera.

 

Copywriting

easy copywriting

Pada intinya, copywriting itu tulisan biasa. Sama seperti ketika Anda menulis sebuah artikel atau tulisan. Hanya saja, copywriting ini bersifat persuasif. Artinya, tulisan yang Anda tulis harus mempu menarik pembaca sehingga mereka mau melakukan apa yang Anda inginkan.

Jadi, copywriting ini sebenarnya tidak hanya untuk penjualan saja. Hal-hal lain juga bisa dilakukan tergantung apa tujuan dari copywriting. Hanya saja, karena Anda seorang digital marketer, tentu tujuan utamanya adalah sales atau penjualan.

Sudah jelas, kan sekarang?

Nah, copywriting ini tergantung pada medianya. Untuk media Facebook, tentu saja copywriting harus disesuaikan. Tulisan Anda tidak sepanjang ketika Anda menulis di blog atau website. Tulisan copywriting Anda terbatas.

Dan ini tantangannya. Di dalam copywriting singkat Anda tersebut, Anda harus mampu untuk

  • Menarik perhatian pembaca
  • Membuat pembaca berminat
  • Meyakinkan pembaca

Hingga akhirnya pembaca mau membeli produk yang Anda tawarkan.

Bagaimana caranya?

Setidaknya struktur berikut ini Anda bisa tiru agar Anda bisa membuat copywriting yang efektif.

  1. Sugesti

Di bagian paling awal, Anda bisa buat kalimat yang bersifat sugesti. Contohnya saja kalimat tanya yang membuat pembaca merespon dengan “Ya” atau “Tidak”.

Contoh, jika Anda jual kosmetik, Anda bisa buat kalimat sugesti seperti “Mau tahu kosmetik yang bikin cantik tapi kulit tetap sehat?” Dalam hal ini, Anda bisa melakukan improvisasi sendiri.

  1. Berikan Manfaat

Di bagian selanjutnya, Anda bisa berikan penjelasan mengenai manfaat apa saja yang akan didapatkan oleh pengguna produk Anda. Sebaiknya Anda gunakan poin-poin agar mudah dibaca dan dimengerti.

  1. Urgensi

Anda harus tahu psikologi calon konsumen Anda. Secara umum, konsumen itu suka dengan harga yang murah, diskon, atau penawaran bonus terbatas. Ini bisa Anda gunakan di bagian paling akhir. Dengan demikian, conversi bisa Anda dapatkan dalam waktu yang cepat.

Nah, silakan Anda praktikkan struktur membuat copywriting tersebut di atas untuk meningkatkan penjualan online melalui Facebook.

 

Personal Branding

Kemampuan copywriting memang penting. Akan tetapi, hal tersebut tidak perlu Anda lakukan jika Anda sudah membangun personal branding.

Apa itu personal branding? Secara singkat, ini merupakan brand yang melekat pada diri Anda. Jika banyak orang secara otomatis mengenal siapa diri Anda, apakah Anda penjual kosmetik, pakar SEO, desainer website, dan lain sebagainya, itulah yang disebut dengan personal branding.

Percuma saja Anda punya Facebook dengan follower banyak namun Anda gagal membuat personal branding. Dalam penjualan, ada tiga level yang harus dilalui, yaitu tahu, suka, dan percaya. Facebook hanya untuk digunakan agar banyak orang tahu produk yang Anda tawarkan. Namun, itu tidak cukup jika orang tidak suka dengan produk Anda. Tidak cukup juga jika orang tidak percaya dengan Anda. Maka dari itu, jika Anda mampu membuat personal branding, Anda sudah melewati ketiga level tersebut. Dan Anda bayangkan. Anda akan sangat mudah menjual produk apapun karena banyak orang percaya dengan Anda.

 

Memanfaatkan Fitur Facebook Secara Maksimal

Kuncinya ada pada optimasi Facebook, yaitu bagaimana akun media sosial Facebook Anda bisa Anda gunakan untuk berjualan. Anda harus pikirkan bagaimana membuat Fanpage yang bagus, bagaimana pemilihan cover picture-nya, bagaimana menuliskan deskripsi agar orang langsung tahu apa yang Anda jual, dan lain sebagainya.

Dan yang terpenting bagaimana Anda mempromosikan Fanpage Anda tersebut. Percuma Anda punya Facebook Fanpage yang super bagus tapi tidak ada yang tahu. Tidak yang beri like. Tidak ada interaksi terhadap postingan yang Anda lakukan.

Untuk itulah Anda harus mampu memanfaatkan semua fitur yang sudah disediakan oleh Facebook. Mungkin Anda juga harus tahu bagaimana cara melakukan Facebook Ads yang efektif. Dengan budget iklan yang relatif murah, Anda bisa mendapatkan conversi yang tinggi.

gara-gara facebook ads

Semua hal tersebut Anda bisa pelajari. Yang terpenting, Anda tahu apa yang harus Anda pelajari lalu Anda praktikkan.

Tiga elemen tersebut bisa Anda pelajari di buku Paket Facebook Marketing. Semua hal lengkap dibahas di buku tersebut. Dengan berinvestasi sebesar Rp 592.800, Anda bisa meningkatkan penjualan online melalui akun media sosial Facebook Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website