fbpx

pakar bisnis online / internet marketing

Profesi sales kerap dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Padahal tim sales adalah ujung tombak penjualan pada suatu bisnis. Bisnis yang besar tak akan mencapai omset yang ditargetkan tanpa kerja keras tim sales. Selain kemampuan marketing, masih banyak hal lain yang wajib dipahami seorang sales.

Anda yang berprofesi sebagai sales mungkin sering merasa resah bila hampir tidak bisa mencapai target yang ditetapkan. Namun Anda tak perlu berkecil hati. Mungkin Anda belum memahami 5 sikap ini sehingga belum bisa menjadi sales yang sukses:

Profesional Saat Berhadapan dengan Pelanggan

Mungkin Anda pernah mengalami hari-hari buruk dan kehilangan mood karena masalah keluarga atau urusan rumit di kantor. Namun hal ini tidak boleh menyurutkan profesionalitas Anda ketika berhadapan dengan pelanggan. Anda tetap harus tampil dengan wajah yang segar, ramah, dan murah senyum. Jangan sampai ada pelanggan yang kecewa karena Anda tidak bekerja sepenuh hati. Sebab kekecewaan pelanggan juga akan berimbas pada produktivitas Anda sebagai sales.

Hal ini, sangat penting bagi seorang sales pada beberapa tahun yang lalu. Tetapi, untuk saat ini, dimana era digital berkembang pesat yang disertai dengan kemajuan internet marketing dan teknologi, masalah berhadapat dengan pelanggan bukan lagi menjadi hal yang terlalu penting. Karena di dalam ilmu internet marketing / bisnis online, kita bisa menjangkau pelanggan dengan sistem otomatis atau tanpa berhadapan langsung dengan palanggan. Bahkan untuk sebagian type internet marketing / bisnis online, contohnya seperti affiliate, kita tidak perlu berhadapan sama seklai dengan pelanggan dan semua transaksi bisa dilakukan secara otomatis.

Jadi untuk Anda yang merasa tidak jago dalam hal bernegosiasi, berkomunikasi, pemalu, sekarang bukan maslaah lagi untuk bisa menjadi sales. Yang Anda kembangkan adalah bagaimana cara manjalankan internet marketing / bisnis online yang benar. Temukan cara paling lengkap dan terbaik yang pernah saya temui di komunitas internet ini.

 

Selalu Belajar dan Tak Berhenti Mencari Tahu

Sebaiknya Anda tidak cepat berpuas diri bila sudah menguasai product knowledge di tempat Anda bekerja. Perkembangan bisnis membutuhkan sikap proaktif dari tim sales. Hal inilah yang membuat Anda harus selalu belajar dan tak berhenti mencari tahu. Anda juga bisa mempelajari karateristik produk kompetitor. Supaya nanti Anda tidak kesulitan mencari keunggulan produk yang akan Anda pasarkan.

Bila ada produk yang baru diluncurkan ke pasaran, alangkah lebih baik bila Anda mempelajari spesifikasinya sedetail mungkin. Nanti, Anda juga bisa mengamati respon pasar terhadap produk baru tersebut. Hal-hal seperti ini akan mempermudah Anda membuat perencanaan pemasaran untuk meningkatkan omset penjualan.

 

Kemampuan Komunikasi yang Memadai

Tak masalah bila Anda masih merasa gugup saat baru bergabung dengan tim sales. Namun biasanya perasaan ini akan berangsur-angsur hilang bila Anda sudah terbiasa. Anda juga harus melatih diri sendiri untuk berkomunikasi dengan baik. Tatapan mata, senyuman, dan bahasa tubuh akan mempengaruhi penampilan Anda ketika memasarkan suatu produk. Kemampuan komunikasi yang persuasif biasanya akan membuat seorang sales berhasil mengajak pelanggan untuk membeli produk.

 

Mau Mendengarkan Pelanggan

Sering kali pelanggan beralih ke bisnis Anda karena pernah merasakan kekecewaan terhadap kompetitor. Kalau hal ini terjadi pada Anda, berarti Anda harus siap mendengarkan beragan keluhan pelanggan. Setelah mendengarkan dengan baik, Anda pun bisa mencarikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal sepele ini rupanya sangat penting. Karena kini tak sedikit pelanggan yang ingin didengarkan. Meraih hati pelanggan berarti membuka peluang besar bagi peningkatan omset bisnis.

 

Tidak Pernah Memaksa

Salah satu sikap sales yang menyebalkan bagi calon pelanggan adalah tindakan memaksa saat menawarkan produk. Padahal belum tentu pelanggan tersebut memang ingin membeli atau membutuhkan produk yang Anda tawarkan. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda.

Justru Anda harus memastikan bahwa calon pelanggan merasa nyaman dengan kehadiran Anda. Kalaupun calon pelanggan tak sempat menyimak deskripsi produk yang Anda sampaikan, Anda bisa memberikan brosur dan kontak Anda. Calon pelanggan yang tertarik membeli pun dapat menghubungi Anda dengan mudah di kemudian hari.

Kelima sikap tersebut tidak sulit dilaksanakan bila Anda bertekad menjalankan pekerjaan sebaik mungkin. Sudah saatnya menjadi sales yang berkualitas dan senantiasa diandalkan oleh perusahaan. Memperoleh promosi jabatan dan kenaikan gaji pun tak lagi menjadi hal mustahil bagi Anda. Bahkan Anda bisa juga menjadi Pebisnis yang sukses.

Salam Sukses Selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website