cara mengatasi anemia

Anemia adalah gangguan kesehatan yang sering diabaikan banyak orang. Padahal, penyakit tersebut bisa mengganggu stamina dan produktivitas jika dibiarkan begitu saja. Anda harus mengatasi anemia sampai tuntas agar fisik Anda kembali bubar.

Lima tips ampuh berikut ini akan membantu Anda mengatasi anemia secara efektif.

Mengonsumsi Makanan dengan Nutrisi Seimbang

Salah satu penyebab utama anemia yang sering dialami banyak orang adalah kekurangan nutrisi. Tubuh butuh asupan zat besi, vitamin B12, vitamin C, dan asam folat agar terhindar dari anemia. Jadi, Anda harus mengonsumsi beberapa makanan sumber nutrisi ini demi mencukupi kebutuhan gizi harian dan mengatasi anemia:

Sumber zat besi: kacang-kacangan, daging sapi, sayuran berwarna hijau gelap (misalnya: bayam dan kangkung.)

Sumber vitamin B12: daging, susu, kacang-kacangan, dan produk turunan kedelai.

Sumber vitamin C: aneka buah bercita rasa asam dan brokoli.

Sumber asam folat: buah-buahan, sayuran berwarna hijau, dan kacang-kacangan.

Membatasi Konsumsi Minuman Penghambat Zat Besi

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa beberapa jenis minuman seperti teh, kopi, dan wine dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Kalau Anda ingin mengatasi anemia, Anda harus meminimalkan konsumsi minuman tersebut. Sehingga asupan zat besi dari aneka makanan bergizi benar-benar bisa diserap sempurna oleh tubuh.

Mandi dengan Air Dingin

Sudah tahu belum manfaat air dingin untuk kesehatan Anda?

Air dingin tak hanya membuat otot-otot rileks setelah beraktivitas seharian. Mandi air dingin juga membantu memperlancar sirkulasi darah. Bila tubuh sudah memperoleh asupan nutrisi seimbang, produksi sel darah akan berlangsung lancar. Sel-sel darah tersebut bisa didistribusikan ke seluruh organ tubuh jika sirkulasi darah Anda senantiasa lancar.

Aktif Berolahraga secara Teratur

Orang yang mengidap anemia memang tidak disarankan melakukan olahraga berat. Kendati demikian, Anda tetap bisa melakukan olahraga ringan secara teratur ketika mengalami anemia. Gerakan-gerakan senam selama 30 menit yang dilakukan setiap empat hingga tujuh kali seminggu akan menstimulasi pembentukan hemoglobin dalam darah. Mengatasi anemia dengan cara berolahraga teratur memang tidak bisa dilakukan secara instan. Anda harus melakukannya secara telaten sembari tetap mengonsumsi makanan bergizi. Sehingga lama-kelamaan tubuh Anda akan kembali bugar karena produksi sel darah baru berlangsung normal.

Pijat Tradisional

Pijat tradisional akan membuat tubuh Anda lebih rileks dan meringankan gejala anemia. Selain itu, pijat tradisional yang dilakukan secara teratur juga akan menstimulasi peredaran darah. Bila peredaran darah semakin lancar, tubuh pun akan lebih mudah memproduksi sel-sel darah baru. Maka Anda akan terhindar dari komplikasi anemia yang menyebabkan penyakit serius.

Kini, Anda juga bisa mengonsumsi Chlorophyll Plus sebagai suplemen tambahan yang ampuh mengatasi anemia. Produk andalan Synergy yang satu ini terbuat dari zat hijau daun (klorofil) dengan campuran bahan mint yang bercitarasa segar. Struktur klorofil yang menyerupai hemoglobin sangat bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

Chlorophyll Plus Synergy World Wide

Manfaat Chlorophyll Plus juga baik untuk mendukung proses detoksifikasi tubuh, menyeimbangkan kadar kolesterol dan kadar gula dalam darah, menjaga kesehatan organ hati, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan klorofil dalam Chlorophyll Plus sangat mudah larut dalam air sehingga cepat diserap oleh tubuh ketika dikonsumsi.

Mari mengonsumsi Chlorophyll Plus secara teratur mulai sekarang agar Anda bisa segera mendapatkan manfaat sehatnya. Anda tak akan bermasalah lagi dengan anemia bila mengonsumsi Chlorophyll Plus untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

 

Sumber:
http://www.synergyindonesia.info/2016/01/liquid-chlorophyll-plus.html
https://www.alodokter.com/anemia
http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/11/2015/9189/atasi-anemia-dengan-lima-cara-berikut
https://lifestyle.kompas.com/read/2017/04/03/170000620/olahraga.ringan.untuk.atasi.gejala.anemia
Diakses pada: 9 Agustus 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website