packaging trulum

Packaging can be theater, it can create a story.

Desain kemasan produk merupakan hal penting pada zaman modern ini. Fungsi kemasan memang menjadi pelindung bagi produk yang ada di dalamnya. Namun, fungsi ini lantas berkembang pesat seiring dengan perubahan waktu. Anda tentu tak kesulitan menemukan brand kekinian dengan konsep kemasan yang sangat “wah”.

Kira-kira, brand apa saja yang kemasannya berkesan bagi Anda?

Perkembangan desain kemasan produk tersebut membuat Anda harus lebih cermat bila ingin menghasilkan produk sendiri. Jangan lupa mencermati beberapa kriteria desain kemasan ini agar fungsi kemasan produk Anda semakin maksimal:

Kemasan Harus Eye Catching

Kemasan ternyata berfungsi sebagai pemikat bagi suatu produk. Hal pertama yang akan dilihat orang lain tentang produk Anda adalah bentuk kemasannya. Oleh sebab itu, Anda harus menciptakan kemasan yang eye catching dengan pilihan warna yang istimewa. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menarik perhatian calon pembeli. Karena produk Anda akan terlihat lebih menonjol dibandingkan produk kompetitor.

Mempertimbangkan Target Pemasaran

Target pemasaran juga memiliki pengaruh besar terhadap penentuan desain kemasan. Kalau Anda akan memasarkan produk untuk industri lain (misalnya bisnis kuliner), tentu Anda harus membuat kemasan berukuran besar. Lain halnya bila Anda membidik pasar retail dengan target pembeli kalangan ekonomi menengah ke atas. Desain kemasan yang eksklusif biasanya lebih disukai. Karena dianggap elegan, istimewa, dan cocok sebagai buah tangan.

Out of The Box

Contoh kemasan salah satu produk kecantikan dari Amerika yang sudah saya buktikan sangat bagus kualitasnya, juga bagus kemasannya. Walaupun hanya kemasan kecilnya, tapi perusahaan USA ini tidak main-main dalam membuat desain kemasan produknya. Sangat simpel, menarik dan fungsional. Desain kemasannya seperti ini:

Anda bisa menentukan desain kemasan berdasarkan pengalaman para pembeli dengan produk serupa. Misalnya, pengalaman pembeli yang kesulitan membuka dan menuang produk pembersih lantai dalam pouch. Hal tersebut bisa menjadi inspirasi untuk menghadirkan desain kemasan yang lebih mudah dibuka dan anti tumpah. Kemungkinan besar orang-orang akan menaruh perhatian lebih pada desain kemasan yang lebih ergonomis. Tentu saja hal ini harus diiringi dengan kualitas produk yang istimewa.

Sisi Ergonomis Juga Wajib Diperhatikan

Jangan lupa mempertimbangkan sisi ergonomis untuk urusan desain kemasan. Kemasan yang ergonomis memiliki beberapa kriteria umum, yaitu tidak licin, nyaman digenggam, tidak banyak mempengaruhi total bobot produk, dan mudah dibawa. Salah satu contoh konkret yang bisa menjadi pembelajaran bagi Anda adalah desain kemasan oleh-oleh. Sekarang, oleh-oleh berupa cake dan keripik kerap dikemas dengan box yang dilengkapi tali. Sehingga para pembeli tidak akan kesulitan saat membawa oleh-oleh tersebut. Desain kemasannya sengaja dibuat rapat padat supaya oleh-oleh makanan tidak mudah tumpah.

Mencantumkan Informasi Kontak

Mencantumkan informasi kontak bukanlah hal aneh pada suatu desain kemasan. Dahulu, perusahaan-perusahaan besar biasanya meletakkan nomor call service pada kemasan produknya. Namun saat ini informasi kontak yang dicantumkan bisa lebih variatif. Anda bisa mencantumkan informasi tentang website, nomor telepon, dan akun Instagram. Sehingga hal sederhana ini bisa memperbesar engagement Anda dengan pelanggan.

Biaya Kemasan yang Ekonomis

Boleh saja Anda merencanakan berbagai hal istimewa saat membuat desain kemasan produk. Tetapi Anda juga tak boleh lupa mempertimbangkan biaya untuk kemasan tersebut. Anda pasti tak mau kan harga produk Anda jadi terlalu mahal hanya karena biaya kemasan. Gunakan bahan-bahan yang harganya terjangkau dan ramah lingkungan. Hal sederhana ini penting untuk meminimalkan biaya produksi. Harga produk Anda pun bisa bersaing dengan produk kompetitor.

Proses desain kemasan memang butuh perencanaan matang agar bisa menghasilkan kualitas yang memadai. Jadikan kemasan produk Anda sebagai ciri khas yang istimewa dan mudah dikenali oleh calon pembeli.

 

Jika Anda memang mau membangun usaha sendiri, ada baiknya ada mulai membangun branding Anda dan jika usaha Anda membutuhkan kemasan, jangan sepelekan masalah kemasan. Pasar sudah membuktikan bahwa kemasan memegang peranan penting dalam menentukan harga produk selalin kualitas produk itu sendiri.

Selamat berusaha dan Sukses Selalu untuk Kita semua, salam dari Rahasia Bisnis Sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website