fbpx

Cara menjaga kadar kolesterol

 

Kadar kolesterol berlebihan memang menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Karena kadar kolesterol tersebut bisa menyebabkan komplikasi penyakit serius seperti penyumbatan pembuluh darah, gangguan jantung, dan hipertensi. Anda harga menjaga kadar kolesterol secara telaten agar terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya di masa depan.

Lima cara praktis berikut ini bisa Anda lakukan secara teratur untuk menjaga kadar kolesterol secara alami:

Meminimalkan Konsumsi Makanan Berlemak

Makanan berlemak berupa olahan daging dan makanan yang digoreng sangat berisiko memicu kenaikan kadar kolesterol. Selain itu, jenis makanan cepat saji dan aneka makanan dalam kemasan juga dapat menimbulkan efek buruk yang sama. Sebaiknya Anda meminimalkan konsumsi makanan tersebut mulai sekarang. Sebagai gantinya, Anda bisa memperoleh asupan lemak tak jenuh yang sehat dari berbagai jenis buah dan kacang-kacangan. Makanan yang dipanggang, dikukus, atau ditumis juga tak kalah sehat dibandingkan aneka makanan yang digoreng.

Menggunakan Banyak Rempat Saat Memasak

Penggunaan rempah-rempah ternyata tak hanya bermanfaat untuk menyempurnakan kelezatan masakan. Lebih dari itu, rempah-rempah juga berkhasiat menjaga kadar kolesterol dalam darah. Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang efektif menurunkan kadar trigliserida dalam darah hingga 20 mg/dL. Perpaduan bawang putih dengan aneka bahan makanan akan membantu Anda menstabilkan kadar kolesterol. Tak mengherankan deh bila bawang putih selalu digemari dalam berbagai masakan khas Indonesia.

Menambahkan Air Perasan Lemon

Sebelum Anda menyantap makanan lezat berlemak, tak ada salahnya jika Anda menambahkan air perasan lemon sebagai pelengkap. Tak cuma membuat cita rasa makanan semakin sedap, air perasan lemon juga dapat meminimalkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Itulah sebabnya menyantap aneka olahan seafood yang dilengkapi air perasan lemon akan membuat seafood jadi lebih sehat, lezat, dan bebas bau amis.

Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Konsumsi makanan berlemak yang berlebihan wajib diimbangi dengan asupan makanan kaya serat. Anda bisa memperoleh asupan serat dari berbagai jenis sayur dan buah-buahan. Kandungan serat dalam makanan akan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Sehingga risiko penyumbatan pembuluh darah akibat kadar kolesterol berlebihan bisa diminimalkan. Pastikan bahwa Anda mengolah bahan makanan kaya serat dengan cara yang sehat, misalnya ditumis, dikukus, atau dijadikan bahan dasar sup dan salad.

Rutin Berolahraga

Olahraga memang menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Kalau Anda rutin berolahraga, sirkulasi darah akan senantiasa lancar dan terhindar dari risiko penyumbatan pembuluh darah. Olahraga secara teratur juga membantu menjaga kestabilan berat badan Anda secara alami. Sehingga Anda tetap leluasa beraktivitas tanpa terganggu oleh berat badan yang berlebihan.

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Para perokok memiliki risiko penyumbatan pembuluh darah lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak merokok. Karena kebiasaan merokok dapat memicu peningkatan kadar kolesterol dan menyebabkan timbunan plak pada dinding pembuluh darah. Berhenti merokok adalah solusi terbaik untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dan menghindari risiko penyakit kronis di kemudian hari.

Kini, Anda juga bisa mengonsumsi Mistica secara teratur untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol. Mistica adalah produk Synergy yang terbuat dari buah acai, dekafeinasi teh hijau, serta sembilan jenis buah berry lainnya. Mistica mengandung antioksidan, asam amino esensial, vitamin, dan trace mineral yang sangat penting untuk kesehatan. Konsumsi Mistica secara teratur juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghambat proses penuaan dini. Tubuh jadi lebih bugar dan semakin bersemangat bila asupan gizinya terpenuhi setiap hari.

 

Menjaga kadar kolesterol jadi makin mudah bila Anda mengonsumsi Mistica secara teratur. Cita rasanya yang segar pasti membuat Anda tak mudah bosan saat menikmatinya.

 

Sumber:
http://www.synergyindonesia.info/2013/11/manfaat-dan-harga-mistica.html
https://wolipop.detik.com/read/2014/08/01/091551/2651132/1135/cara-menjaga-kadar-kolesterol-tubuh-tetap-stabil
https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/25/102912620/tips-sehat-makan-seafood-supaya-kolesterol-tidak-makin-melonjak
https://www.alodokter.com/jangan-biarkan-kadar-kolesterol-ldl-melebihi-batas-normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website