mentok di kantor

 

Bisnis Online lebih asik daripada Bisnis Offline??? Mungkin judul ini mengundang kontroversi, ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Menurut saya ok ok aja, tidak masalah, memang di dunia ini selalu ada yang pro dan kontra, jadi kita tetap damai ya šŸ˜‰

Saya menulis artikel kali ini untuk memenuhi janji saya beberapa hari yang lalu, kalau tidak salah 2 hari yang lalu, waktu saya menulis tentang bisnis online atau internet marketing. Dalam artikel tersebut saya menulis bahwa bisnis online jauh lebih menghemat waktu, bisa dikerjakan dari mana saja dan yang pasti bagi sudah berkeluarga akan punya lebih banyak waktu dengan keluarganya dan saya juga menulis bahwa bisnis online masih mempunyai banyak lagi keuntungan-keuntungan lainnya bila dibandingkan dengan bisnis offline. Pada artikel tersebut saya berjanji akan menjelaskan alasan-alasan saya tentang bisnis online. Sekarang saya akan memenuhi janji saya dan maaf bagi yang tidak sependapat dengan saya, tapi ini menurut saya pribadi lho ya, tidak memaksa, menurut saya bisnis online akan jauh lebih menguntungkan daripada bisnis offline karena alasan alasan sebagai berikut

1. Bisnis Online bisa dilakukan di mana saja, yang penting kita terkoneksi dengan internet. Sedangkan bisnis offline tidak bisa kita lakukan dari mana saja. Bahkan mayoritas bisnis offline tidak ada di tempat yang sama dengan tempat tinggal kita. Karena alasan inilah untuk kita yang tinggal di Jakarta, pasti akan tahu bahwa kota Jakarta adalah kota yang sangat padat dan macet sehingga untuk pergi dari satu tempat ke tempat lainnya walaupun jaraknya dekat bisa memakan waktu yang cukup lama. Maka dari sisi waktu sudah jelas bisnis online lebih menguntungkan daripada bisnis offline, karena bisnis online bisa kita lakukan dari mana saja, yang penting kita terkoneksi dengan internet. Kita bisa melakukan bisnis online dengan laptop, PC di rumah bahkan melalui handphone yang penting ada koneksi internetnya. Sedangkan bisnis offline tidak bisa kita lakukan Dari mana saja, tetapi kita harus berada di tempat bisnis kita, di toko,kantor, salon atau dimana saja tempat bisnis offline kita berada.

2. Dari sisi materi, bisnis online tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan sebagian bisnis online bisa dilakukan tanpa modal, misalnya dropshipper. Dropshipper adalah salah satu bisnis online yang mana kita sebenarnya hanya menjadi calo atau broker. Misalnya saja kita mencari barang dari Tokopedia dan kita jual di toko online kita sendiri. Kita tidak perlu membeli barang yang akan kita jual terlebih dahulu, kita hanya butuh foto barang tersebut untuk dipasang di website kita. Jika ada pembeli, kita baru membelinya di Tokopedia atau di mana saja kita mau mengambil barang tersebut. Bahkan untuk beberapa toko, kita tidak perlu mengeluarkan ongkos kirim lagi, tetapi kita bisa langsung memesannya dan mengirimkannya sebagai dropshipper atas nama kita sebagai penjualnya. Bahkan toko online yang kita gunakan juga bisa hanya dari blog yang gratisan seperti blogspot.

Awalnya saya belajar bisnis online, saya juga pernah berjualan coklat online dan itu hanya saya buat dengan blogspot atau blog gratisan, tetapi tetap bisa menghasilkan cukup banyak dari bisnis tersebut, terutama menjelang hari raya Idul Fitri dan Natal. Tetapi, saya sarankan lebih baik kota menghunakan website berbayar untuk memingkatkan trust / kepercayaan kepada calon consumer kita.

Jika mau lihat blog coklat online saya, bisa lihat diĀ jual coklat online bahkan sampai Juni 2017, tahun ini masih ada yang mau pesan coklat dari blog saya tersebut. Untuk blog coklat ini hanya saya optimasi di awal-awal pembuatan blognya di tahun 2012, setelah itu tidak pernah saya kerjakan lagi, hanya ada beberapa kali ganti harga saja. Dengan ilmu SEO yang benar, maka bisnis online bisa berjalan dengan otomatis walaupun hanya menggunakan blog gratisan. Asik kan??? Dan…karena pembuat coklatnya adalah teman saya, dan saya hanya membantu menjualkannya secara online, karena teman saya sudah tidak memproduksinya lagi, maka denganĀ  berat hati saya sudah tidak bisa menerima order coklat dari blog tersebut lagi, walaupun masih ada pembelinya, bisa lihat wasalah satu dari pembeli di bawah ini:

bukti bisnis coklat online

 

3. Tidak dibatasi oleh jarak. Bisnis online bisa kita lakukan di mana saja dan pembelinya bisa dari mana saja alias tidak dibatasi oleh jarak beda dengan bisnis offline, pada bisnis offline, jarak terkadang memegang peranan penting. Tetapi, hal ini tidak menjadi masalah sama sekali dalam bisnis online.

4. Tidak dibatasi oleh waktu. Sama halnya dengan tidak dibatasi oleh jarak, bisnis online pun tidak dibatasi oleh waktu. Pertanyaannya, bagaimana jika ada perbedaan waktu antara penjual dan pembeli, apakah penjual tidak pernah tidur? Bukan begitu, tetapi dalam bisnis online ada sistem yang bisa membantu kita untuk menjalankan bisnis online kita secara otomatis selama 24 jam setiap harinya

5. Jika kita memilih bisnis online dalam bentuk affiliate, kita hanya perlu mengurusnya di awal-awal saja jika semua sistem sudah berjalan, maka bisnis online ini benar-benar berjalan secara otomatis. Kita tidak perlu melakukan banyak kegiatan atau pekerjaan untuk menjalankan bisnis online kita lagi dan kita juga tidak membutuhkan karyawan sama sekali, semua bisa berjalan secara otomatis.

Memurut saya 5 hal tersebut di atas adalah alasan-alasan yang menjadi alasan saya mengatakan bahwa lebih mengasyikkan mengurus bisnis online daripada bisnis offline.

Untuk teman-teman yang masih penasaran atau belum percaya atau mau belajar bisnis online lebih dalam lagi, silahkan daftar free member dibawah ini:

free member vivi margaretha

One thought on “Bisnis Online Lebih Asik daripada Bisnis Offline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website