fbpx

best seller book 7 kesalahan fatal pengusaha pemula

Setelah mengikuti banyak seminar dan berkenalan dengan pengusaha, seringkali orang merasa yakin untuk 100% terjun menjadi pebisnis. Apalagi ada beberapa teman yang resign dan sukses di usaha yang mereka jalankan. Seolah-olah tidak ada keraguan lagi. Langsung resign dan jadi pengusaha.

Dan jika Anda melakukan hal tersebut, sebenarnya Anda sedang melakukan satu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pengusaha pemula.

Banyak yang merasa sudah yakin lantaran sudah punya ilmu tentang bagaimana menjalankan bisnis. Padahal, itu bukan satu-satunya hal yang akan menghantarkan Anda menjadi pengusaha sukses.

Tentu saja tidak salah jika Anda berguru dengan seorang pengusaha, ikut seminar, dan lain sebagaiya untuk mendapatkan ilmu bisnis. Namun, coba Anda lihat berapa banyak orang yang background pendidikan mereka di bidang bisnis. Apakah mereka semua jadi pengusaha yang sukses? Tidak semua. Prosentasenya kecil yang bisa berhasil menjadi pebisnis sukses.

Setidaknya ini bisa membuka mata Anda bahwasannya ilmu tentang bisnis tidak menjadi faktor penentu keberhasilan Anda dalam menjalankan bisnis.

Dan sebenarnya, banyak juga hal lain yang dilakukan oleh para pengusaha pemula yang “terburu-buru” menjadi pengusaha hingga akhirnya mereka menyesal.

 

Kompetitor Terberat Adalah Diri Sendiri

Anda pasti sudah banyak mendapatkan wejangan dari para pengusaha lainnya, entah itu di seminar atau berbincang-bincang langsung dengan mereka. Salah satunya wejangan yang paling sering diberikan oleh para pengusaha sukses kepada pengusaha pemula adalah persistence atau ketekunan, keuletan, dan kegigihan. Bisa dikatakan ini kunci keberhasilan para pengusaha.

Sayangnya, ketekunan ini mudah diucapkan tapi sulit untuk dilakukan. Ini seolah musuh terbesar dalam proses Anda mnejadi pengusaha. Jadi, kompetitor terberat bukan orang lain yang punya usaha yang sama. Sama sekali bukan. Kompetitor terberat untuk ditaklukkan adalah diri sendiri untuk bisa tekun menjalani bisnis.

Lalu, kira-kira apa yang menjadikan seorang pengusaha susah untuk tekun? Setidaknya ada tiga penyebabnya.

  1. Pondasi Berbisnis Yang Tidak Kuat

Beberapa orang berbisnis karena memang mereka punya passion di dalam hal tersebut. Namun, lebih banyak orang yang berbisnis lantaran ikut-ikutan. Contohnya saja karyawan yang melihat temannya lebih sukses karena terjun menjadi pengusaha. Temannya memiliki rumah yang besar, beberapa mobil mewah, serta kehidupan yang menyenangkan karena mereka bisa bebas jalan-jalan ke mana saja. Banyak sekali yang terjun di bisnis dengan alasan tersebut, bukan? Inilah ciri pondasi bisnis yang kurang kuat.

Apa yang terjadi? Mereka akan mudah sekali menyerah ketika mereka menghadapi masalah atau bahkan kerugian di dalam proses berbisnis. Padahal, risiko rugi itu pasti ada dalam bisnis.

Berbeda dengan mereka yang memiliki pondasi bisnis yang kuat. Passion dalam menjalankan bisnis begitu kuat. Bukan uang atau materi tujuannya. Mereka berbisnis karena memang mereka suka dengan bisnis. Mereka suka tantangan. Uang dan materi menjadi reward saja.

  1. Kurang Mawas Diri

Tahukah Anda pengusaha yang kaya itu justru tidak suka bergaya? Lihat saja bos besar Facebook Mark Zukerberg. Ia lebih suka dengan pakaian yang santai di berbagai kesempatan. Begitu juga dengan mendiang Steve Job, Elon Musk, dan lain sebagainya.

Sementara itu, mereka yang belum benar-benar kaya ingin terlihat kaya dengan merubah penampilan. Mereka membeli barang mewah, baju mahal, mobil kelas premium, dan lain sebagainya. Hingga mereka tidak sangguh membayar gaya mereka.

  1. Ingin Instan

Tahukah Anda berapa tahun Facebook tidak mendapatkan untung di awal berdirinya Facebook? Berapa lama juga Google harus bertahan hingga akhirnya digunakan di seluruh dunia sampai saat ini?

Tidak ada keberhasilan sebuah bisnis diraih dengan sekejap mata. Jadi, jika ada yang memberikan mimpi kaya dalam waktu yang cepat, jangan percaya.

“Ah, saya sudah tahu kalau tentang itu” Mungkin itu yang ada di benak Anda sekarang ini. Begitu juga dengan para pengusaha pemula di luar sana. Akan tetapi, kenapa tetap saja banyak dari mereka yang melakukan kesalahan tersebut? Ini yang menjadi persoalan.

 

Pengusaha Itu Siap Kaya, Tapi Juga Berani Miskin

“Lho kok berani miskin”

Ada penjelasannya. Dan sepertinya tidak perlu penjelasan ilmiah. Cukup dengan satu contoh saja.

Anda tahu Elon Musk? Yaps, betul sekali. Ia adalah seorang pengusaha yang punya visi masa depan. Dulu, orang mentertawakan ketika ia ingin membuat koloni di Mars. Namun, hal tersebut dibalas dengan bukti. Saat ini, ia bisa membuat pesawat luar angkasa yang bisa mengantarkan orang ke Mars dan kembali ke bumi tanpa merusak pesawat tersebut. Jadi, pesawat kembali secara utuh. Pesawat landing dengan posisi seperti ketika akan meluncur. Luar biasa. NASA pun sebelumnya belum bisa melakukan hal tersebut. Tapi Elon Musk bisa.

Akhirnya, Elon Musk pun sekarang menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Berkat inovasinya tersebut, ia mendapatkan pendanaan yang besar. Ia sudah bisa membuka pariwisata ke Mars. Belum lagi dengan usaha lain seperti pembuatan mobil listrik.

Namun, tidak banyak yang tahu jika Elon Musk pernah harus pinjam uang dari teman karena tidak mampu membawa kontrakan rumah. Istrinya minta cerai. Dua perusahaannya hampir bangkrut. Teknisi ahli diberhentikan hingga akhirnya ia lembur untuk mengerjakan kerjaan teknis di dua perusahaan tersebut.

Itulah yang disebut pengusaha. Ia siap kaya tapi juga berani menjadi miskin.

Sayangnya, banyak pengusaha yang baru rugi sekali saja sudah menyerah.

Tentu Anda tidak perlu merasakan seperti apa yang dialami oleh Elon Musk atau pengusaha yang pernah merugi lainnya. Itulah mengapa mereka sering share pengalaman mereka. Tujuannya satu, agar tidak banyak pengusaha yang melakukan kesalahan seperti yang mereka lakukan di masa lalu.

Dan pengalaman pahit para pengusaha tersebut diformulasikan di dalam sebuah buku berjudul 7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula.

Buku ini tidak akan membuat Anda cepat kaya. Tidak pula membuat Anda bisa menjadi jutawan dengan sangat mudah. Tapi, buku ini akan membuat Anda sensitif terhadap tantangan dalam Anda menjalani bisnis. Dengan demikian, diharapkan Anda siap untuk menghadapi setiap tantangan.

Buku ini karya Dewa Eka Prayoga, seorang Bisnis Coach dan Entrepreneur. Di dalam buku ini juga diceritakan mengenai pengalaman pribadi Kang Dewa (panggilan akrab), entah itu pengalaman pahit atau pengalaman manis. Kang Dewa mencoba untuk share hal-hal yang seharusnya dihindari oleh pengusaha pemula yang sayangnya sering mereka lakukan.

Buku ini juga sebagai kontribusi Kang Dewa agar semakin banyak orang yang berani terjun untuk berbisnis sendiri. Di sisi lain, Kang Dewa juga tidak ingin membuat pengusaha pemula melakukan langkah yang salah dalam menjalankan bisnis mereka.

 

kesalahan fatal pengusaha pemula

PESAN SEKARANG

Harga Rp 70.000

One thought on “Bukan Sekedar Ilmu Yang Dibutuhkan Ketika Terjun Jadi Pengusaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website