menu mpasi

Setiap orang tua pasti ingin sekali memberikan MPASI bayi 6 bulan yang terbaik. Menu makanan pendamping ASI tersebut harus yang bergizi, terutama untuk perkembangan otak si kecil.

Sayangnya, kebanyakan orang tua mengira telur dan daging saja yang mencerdaskan otak bayi. Padahal, banyak sekali pilihan lainnya. Tentu saja bukan hal yang salah jika bunda selama ini membuatkan menu MPASI yang terbuat dari bahan telur dan daging. Akan tetapi, jangan terlalu sering ya bunda. Si kecil bisa saja bosan dan akhirnya suatu saat nanti ia mogok makan.

Nutrisi Apa Saja Untuk Perkembangan Kecerdasan?

Sebelum bunda mengetahui apa saja makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak, bunda juga harus tahu dong nutrisi apa yang bagus untuk otak bayi. Dan ternyata, banyak lho. Makanya, bukan hanya telur dan daging saja yang sebaiknya bunda berikan untuk si kecil ya.

Bunda pasti pernah dengar istilah omega 3, bukan? Ini biasanya ada di dalam susu balita. Tapi, karena si kecil masih berusia 6 bulan, jangan beri susu dulu ya. Toh kandungan omega 3 ini tidak hanya ada di dalam susu. Omega 3 ini bisa ditemukan pada ikan laut.

Lalu, apa sih peran omega 3 ini? Perannya memang tidak secara langsung mencerdaskan otak. Para peneliti gizi menemukan fakta menarik bahwasannya omega 3 ini berperan penting dalam hal pembukusan syarat. Bayangkan ya bunda jika syarat tidak dibungkus dengan baik. Otomatis otak pun tidak bisa berkembang dengan baik, bukan?

Selain omega 3, tyrosine juga berperan untuk kecerdasan bayi lho. Belum pernah dengar tyrosine? Tapi bunda pernah dengar hati ayam sebaiknya dijadikan sebagai menu pendamping ASI bayi 6 bulan, bukan? Nah, di dalam hati ayam inilah ditemukan tyrosin. Tyrosine ini merupakan asam amino lho. Dan ini digunakan sebagai bahan untuk membuat neurotransmitter katekolamin dan serotonin. Dua bagian inilah yang membuat bayi mudah berkonsentrasi dan cerdas.

Dan masih banyak lagi nutrisi lainnya yang punya pengaruh untuk mencerdaskan otak lho bunda. Namun, dua nutrisi tersebutlah yang berperan penting dan perlu untuk bunda ketahui.

Membuat Menu MPASI Untuk Perkembangan Otak

Nah, sekarang bunda tinggal pilih menu MPASI apa yang ingin bunda buat. Jika bunda bertanya bahan makanan apa yang mengandung omega 3, banyak pilihannya. Berikut ini beberapa bahan makanan yang kandungan omega 3 nya tinggi.

  • Ikan Tuna
  • Ikan Sarden
  • Ikan Salmon
  • Kacang-kacangan
  • Bayam
  • Kangkung

Sementara itu, makanan yang mengandung tyrosine adalah:

  • Kacang Kedelai
  • Telur
  • Keju
  • Unggas

Terlepas dari bahan apa yang bunda gunakan, sebaiknya bunda perhatikan tekstur makanan pendamping ASI yang bunda buat ya. Si kecil baru berusia 6 bulan. Sebaiknya tekstur makanan yang bunda buat benar-benar lembut. Jangan kasar. Ini penting agar si kecil mudah mencerna makanan tersebut. Memberikan makanan yang sedikit lebih kasar akan membuat bayi mengalami masalah susah buang air besar.

Selain itu, jangan campurkan banyak bahan di dalam satu menu MPASI. Gunakan satu atau dua bahan saja. Pasalnya, semakin banyak bahan yang digunakan untuk membuat MPASI bayi 6 bulan bisa membuat makanan serta nutrisi di dalamnya sulit untuk dicerna sistem pencernaan si kecil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website