SEO

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization, yaitu suatu cara atau teknik yang digunakan untuk membuat situs atau blog kita bisa berada di posisi atau halaman satu aplikasi mesin pencari atau search engine, misalnya Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya. Sebenarnya, pengertian dari teknik SEO ini sangatlah luas, namun memiliki inti sebagai cara untuk mengoptimasi suatu halaman blog atau website supaya dapat berada di halaman satu mesin pencari dengan menggunakan kata kunci yang ditargetkan.  Sebenarnya, optimasi ini telah digunakan sejak tahun 1997. Sebab, menurut sejarahnya Search Engine Optimization ini pertama kali digunakan pada sebuah pesan spam yang diposting di Usenet, menurut Danny Sullivan, seorang tokoh SEO yang terkenal. Namun, pada dunia bisnis online, Search Engine Optimization ini baru dikenal secara luas pada decade saat ini.

Untuk pelaku bisnis online sangat dianjurkan mengenal dasar-dasar dari teknik SEO ini. Hal ini disebabkan karena teknik ini dapat memebrikan keuntungan pada bisnis online yang dijalankan. Dasar-dasar Search Engine Optimization ini, yaitu;

  1. On Page SEO: suatu teknik dalam mengoptimisasi halaman website dengan menerapkan keyword yang ditarget kedalamnya. Kelebihan dari On Page SEO ini adalah membuat situs anda bisa lebih dinilai secara relevan oleh Google sehingga lebih mudah bagi situs mendapatkan posisi satu di halaman Google bila memiliki sedikit backlink. Dasar-dasar yang harus diterapkan dalam On Page SEO, yaitu;
  • Title Tag: judul tagar yang ada pada sebuah postingan yang dibaca oleh search engine.
  • Meta Description: keterangan dari halaman website yang didasarkan dari kalimat postingan artikel.
  • URL (Uniform Resource Locator): rangkaian karakter pada format standar tertentu guna menunjukkan alamat sumber seperti data, dokumen, gambar, dan yang lainnya.
  • Heading: sekumpulan kata yang merupakan judul ataupun sub-judul dalam sebuah dokumen berbentuk format html. Ada 6 tingkatan dalam html, yaitu tingkat 1 – 6.
  • Link To Site Authority: suatu postingan yang didalamnya memuat link-link yang menuju situs-situs terpercaya, seperti youtube, Twitter, Facebook, dan yang lainnya.
  1. Off Page SEO: cara untuk mengoptimasi halaman website dari luar situs dengan menggunakan backlink. Backlink yaitu link dari halaman situs yang berada didalam halaman situs orang lain yang memiliki page rank yang tinggi. Google sangat menyukai backlink berkualitas dari situs-situs terpercaya. Oleh sebab itu, bila memiiki backlink akan membuat website kita memiliki lebih besar peluang untuk bisa masuk dalam posisi satu mesin pencari.
  2. Riset Keyword: riset pada kata kunci yang ditargetkan dengan tepat. Sangat penting untuk melakukan riset keyword supaya target berada di halaman satu mesin pencari bisa tercapai.

Ketiga dasar-dasar ilmu dan teknik dari Search Engine Optimization memberikan keuntungan pada berbagai bidang bisnis yang dijalankan secara online, contoh keuntungan-keuntungannya yaitu sebagai berikut;

  • Mendatangkan traffic yang banyak pada website atau blog yang kita bangun
  • Membantu meningkatkan penjualan
  • Meningkatkan daya saing yang lebih tinggi

Tentunya masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan teknik optimization ini. Ketiga contoh keuntungan yang disebutkan diatas sudah mewakili point penting dari penggunaan SEO pada bidang internet marketing. Itulah sekiranya yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasinya dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website