fbpx

Jd.id toko tanpa kasir

image source: id.techinasia.com

 

Pernahkah Anda membayangkan suasana berbelanja di toko tanpa kasir bahkan tanpa pramuniaga sama sekali?

Ternyata JD.ID berhasil mewujudkan hal tersebut di Indonesia. Perusahaan e-commerce yang beroperasi di tanah air sejak 2016 ini merilis toko tanpa kasir pertama di Indonesia pada 2 Agustus 2018. Toko berteknologi canggih yang bernama JD.ID X-Mart tersebut bisa Anda kunjungi di PIK Avenue, Jakarta Utara.

 

JD.ID Akhirnya Membuat Gebrakan di Luar Cina

JD.ID sudah cukup lama menerapkan sistem toko tanpa kasir di Cina. Bahkan, startup serupa bernama Bingobox berhasil memiliki ratusan toko tanpa kasir yang tersebar pada 29 kota di Cina. JD.ID X-Mart di PIK Avenue adalah toko tanpa kasir pertama JD.ID yang dirilis di luar Cina. Dengan kapasitas ruangan seluas 270 meter persegi, JD.ID X-Mart memiliki ukuran lebih besar dibandingkan rata-rata toko serupa di Cina.

 

Bagaimana Cara Berbelanja di JD.ID X-Mart?

Sistem berbelanja di JD.ID X-Mart mengutamakan kepraktisan dan keleluasaan memilih barang bagi para pelanggan. Anda harus memiliki akun JD.ID dan aplikasi mobile-nya di smartphone agar bisa masuk dan berbelanja di JD.ID X-Mart. Saat akan masuk ke toko, Anda wajib menunjukkan QR code dari aplikasi mobile JD.ID ke sistem pemindai yang terpasang di gerbang toko. Sambil melakukan scan QR Code, kamera pemindai akan mendeteksi wajah Anda sebelum gerbang toko terbuka.

Bila sudah masuk ke toko, Anda tinggal memilih berbagai produk yang ingin Anda beli. Pilihan produknya sangat bervariasi, mulai dari produk fashion, makanan, hingga kosmetik. Setiap produk di JD.ID X-Mart sudah dilengkapi dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Sehingga sistem toko dapat mengetahui barang-barang yang sudah diambil dan akan dibawa ke luar.

Sistem pemindai toko akan kembali melakukan deteksi wajah saat Anda bergegas ke luar toko. Selanjutnya, proses pembayaran barang-barang akan berlangsung secara otomatis melalui akun kartu kredit yang terintegrasi dengan akun JD.ID Anda. Pintu keluar akan langsung terbuka jika proses pembayaran sudah selesai.

 

Mampukah JD.ID X-Mart Bertahan di Indonesia?

Sebagai salah satu pemain e-commerce baru di Indonesia, JD.ID terbilang sukses mengimbangi persaingan pasar yang ketat. Hingga pertengahan tahun 2018, JD.ID berhasil melayani lebih sari 20 juta pelanggan dengan sembilan gudang yang tersebar di berbagai penjuru tanah air. Kehadiran toko tanpa kasir pertama yang digagas JD.ID bisa dianggap sebagai gebrakan baru yang sangat berani.

Di Indonesia, penetrasi kartu kredit terbilang masih kurang. Bahkan, masih banyak masyarakat kalangan menengah ke atas yang enggan menggunakan kartu kredit. Sehingga sistem toko tanpa kasir dengan pembayaran via kartu kredit mungkin masih belum terlalu diminati. Strategi JD.ID yang menempatkan toko tanpa kasir di pusat perbelanjaan kelas menengah ke atas memang cukup tepat. Sehingga kesempatan memperoleh omset besar semakin terbuka lebar.

Tampaknya JD.ID masih harus melakukan berbagai edukasi kepada masyarakat mengenai sistem berbelanja di toko tanpa kasir. Karena edukasi yang mudah dipahami akan menggugah keingintahuan masyarakat untuk memanfaatkan sistem canggih tersebut. Pertambahan jumlah pelanggan JD.ID X-Mart akan berbanding lurus dengan peningkatan pelanggan situs JD.ID.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk berbelanja di JD.ID X-Mart dalam waktu dekat?

Jika, pekerjaan sebagai kasir, telah dibuktikan oleh JD.ID X-Mart bisa benar-benar dihilangkan, apa rencana Anda untuk mengatasi masalah ini? Apa hanya pekerjaan sebagai kasir saja yang akan hilang di masa depan atau ada pekerjaan lainnya yang juga diprediksi akan hilang di masa depan? Ternyata ada beberapa profesi lagi yang diprediksi akan hilang di masa depan.

Dunia terus berputar, Bisnis terus berkembang, Perubahan akan terus terjadi, kita tidak bisa menghidari hal ini, jadi yang terpenting adalah temukan cara mengatasinya!

2 thoughts on “JD.ID X-Mart: Toko Canggih Tanpa Kasir Pertama di Indonesia

  1. Hany K says:

    kl harus punya akun jd.id ,berarti hanya yg punya akun jd.id yg boleh masuk?anak anak boleh ikutan ga ya tanpa akun?

    1. Vivi says:

      Datang aja, nanti diarahkan di sana. Prosesnya mudah. Waktu saya datang, ga ada anak kecil, tapi kalau anak umur sktr 10 thn-an ada Bu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website