kursus digital marketing tangerang

Ada banyak sekali kursus digital marketing sekarang ini. Namun, tidak semua pembicara digital marketing di dalam sebuah kursus membicarakan komponen penting digital marketing. Padahal, ini roh dari sebuah proses pemasaran digital.

Tentu saja ada alasannya. Digital marketing yang begitu luas membuat kursus harus terbatas. Hanya beberapa tema saja yang dibahas. Apalagi jika peserta benar-benar baru di dalam dunia digital marketing.

Akan tetapi, pemahaman mengenai semua komponen digital marketing itu sangat penting. Mempelajari sepenggal saja sama seperti tidak belajar sama sekali. Apalagi di tengah persaingan usaha online yang semakin kompetitif seperti saat ini. Adalah sebuah keharusan bagi siapa saja yang terjun di bidang online marketing untuk menguasai semua komponen penting dalam digital marketing.

6 Komponen Penting Digital Marketing

Sering kali orang melakukan pemasaran setengah-setengah. Mereka hanya menerapkan salah satu di antara berbagai komponen digital marketing. Tentu hasilnya tidak semaksimal mereka yang menerapkan semua komponen.

Dalam hal ini, ada 6 komponen yang diajarkan di kursus internet marketing.

  1. SEO

Komponen yang satu ini sering digunakan oleh para digital marketer. Bahkan, mereka yang baru membuka toko online biasanya menerapkan cara marketing online ini. Alasannya sederhana. Cara ini lebih murah. Bahkan, bisa dikatakan tidak perlu keluar biaya.

SEO adalah search engine optimization. Ini merupakan cara bagaimana sebuah toko online atau situs muncul di halaman pertama pada keyword tertentu yang ditarget. Contohnya saja Anda ingin menjual jasa pembuatan kaos. Maka, Anda akan membuat situs dengan mentargetkan kata kunci seperti “jasa pembuatan kaos.” Kemudian, keyword tersebut dioptimasi sehingga setiap orang yang mengetik keyword tersebut maka mereka bisa menemukan website Anda.

Dalam penerapan SEO, banyak hal yang harus dilakukan seperti optimasi on page, optimasi off page, riset keyword, dan lain sebagainya.

  1. SEM

Anda pernah dengar istilah Google Adwords? SEM disebut dengan search engine marketing. Jadi, Anda bisa beriklan di mesin pencari seperti Google agar jika user mengetikkan keyword tertentu, maka iklan Anda akan muncul di halaman mesin pencarian tersebut.

Ini merupakan strategi marketing efektif. Meskipun beriklan, Anda tidak banyak mengeluarkan jika Anda tahu bagaimana cara menerapkan SEM yang tepat. Misalkan saja Anda memilih metode pembayaran pay per click. Jadi, Anda hanya membayar iklan ketika iklan tersebut diklik oleh user atau target konsumen Anda. Di kursus digital marketing, Anda akan belajar tentang metode tersebut dan juga metode-metode pembayaran lainnya.

Metode pembayaran harus disesuaikan dengan produk serta budget yang Anda siapkan. Kebanyakan orang asal-asalan dalam melakukan SEM ini. Padahal, jika Anda tahu konsep utamanya, maka Anda bisa menerapkan marketing yang tepat sesuai dengan budget Anda.

  1. Online Advertising

Komponen digital marketing yang tak kalah penting adalah online marketing. Sebenarnya, ini cara yang paling lama dilakukan oleh para digital marketing, yaitu dengan memasang banner di berbagai portal berita, situs, dan lain sebagainya.

Yang harus Anda perhatikan adalah penentuan media. Pastikan media yang Anda pilih untuk dipasang banner merupakan media yang memiliki trafik tinggi. Pengunjung media tersebut haruslah orang yang menjadi target market Anda.

Harga untuk setiap pemasaran banner berbeda-beda tergantung traffic di media tersebut. Semakin tinggi trafiknya, maka semakin mahal biaya yang harus Anda keluarkan.

  1. Content Marketing

3 komponen tersebut hanya medianya saja. Sekarang, yang menjadi penentu apakah media tersebut efektif atau tidak adalah content.

Content marketing ini bermacam-macam. Ini bisa berupa flyer, artikel, copywriting, video, slide video, dan lain sebagainya. Dan penentukan jenis content marketing harus disesuaikan dengan media yang digunakan, produk yang ingin dipasarkan, serta target market yang dibidik.

Content yang dibuat harus efektif membuat orang yang melihat tertarik dan akhirnya melakukan transaksi. Ini menjadi hal sepele namun sangat penting yang diajarkan di kursus internet marketing.

  1. Media Sosial

Sekarang ini, melakukan marketing melalui media sosial menjadi trend. Bahkan, hampir semua digital marketer menggunakan media sosial untuk memasarkan sebuah produk.

Namun, Anda harus tahu tidak semua produk itu efektif untuk diiklankan melalui media sosial. Secara umum, produk yang mampu menyentuk sisi emosional seseorang adalah produk yang bisa diiklankan di media sosial. Selain itu, media sosial juga tepat sekali digunakan untuk mengiklankan produk dengan penawaran terbatas.

  1. Analisa Web

Sebenarnya, ini bersifat teknis. Jarang orang yang mengerjakan ini kecuali mereka memang benar-benar tertarik di dalam bidang marketing online. Dan seharusnya Anda mengusai hal ini jika ingin melakukan marketing secara online yang efektif.

Pada dasarnya, tugas Anda adalah meneliti bagaimana behaviour pengunjug sebuah situs online yang Anda gunakan. Halaman mana yang sering mereka kunjungi, berapa lama mereka berada di website, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa menentukan strategi market seperti apa yang seharusnya dilakukan ke depan.

Setidaknya itulah komponen dasar yang penting untuk Anda pelajari di tempat kursus digital marketing.

Di Mana Anda Harus Mulai

Terkadang orang bingung di mana mereka harus memulai. Sebenarnya, jika Anda punya produk atau setidaknya ide bisnis yang ingin Anda eksekusi, Anda sudah memulai. Tinggal Anda konsultasi dengan pakar digital marketing untuk dicarikan cara yang tepat untuk mulai melakukan marketing.

Maka dari itu, tidak salah jika Anda ikut kursus digital marketing. Ini menjadi jembatan di mana Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan media online. Anda juga akan mampu mengembangkan bisnis secara lebih cepat karena media online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website