Kursus Sosial Media iBiG
Apa iya menggunakan social media (sosmed) saja harus kursus dulu?

Faktanya, menggunakan sosmed memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk tujuan bisnis. Kini, semua brand besar berlomba-lomba mengoptimalkan fungsi media sosialnya. Itulah sebabnya Anda pun harus memanfaatkan sosmed untuk mendukung personal branding bisnis Anda. Sebelum memulai kursus sosmed di BSD, alangkah lebih baik jika Anda memahami fungsi sosmed untuk mendukung personal branding.

Setelah memahami peranan personal branding untuk bisnis, kursus sosmed di BSD pasti akan terasa lebih menarik dan bermanfaat.

Apa yang Dimaksud dengan Personal Branding?

Personal branding dapat didefinisikan sebagai upaya untuk memperkenalkan merek bisnis sesuai dengan tujuannya. Misalnya, ada produk makanan yang ingin dipandang sebagai camilan sehat dengan harga terjangkau untuk anak-anak. Ada pula yang ingin mengidentikan produknya sebagai fast food sehat rendah kalori. Agar bisa diingat masyarakat dan mencapai tingkat popularitas yang tinggi, setiap bisnis harus melakukan personal branding.

Mengapa Personal Branding Sangat Penting Bagi Bisnis Anda?

Personal branding yang dilakukan secara tepat akan memberikan beberapa keuntungan, yaitu:

Menjadi ciri khas bisnis yang membedakannya dengan kompetitor.
Membuat masyarakat lebih memahami karakteristik produk Anda.
Membangun kepercayaan dan brand awareness dari perhatian masyarakat.
Mempermudah proses komunikasi dengan pelanggan dan relasi bisnis.
Tips-Tips Dasar tentang Personal Branding di Sosmed

Sebelum mulai mengikuti kursus sosmed di BSD, pastikan bahwa Anda sudah menguasai beberapa tips dasar berikut ini:

Memilih Sosmed yang Sesuai dengan Tujuan Bisnis

Setiap jenis sosmed memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk membangun personal branding bisnis Anda. Jadi, Anda harus cermat memilih berdasarkan target yang ingin dicapai.

Facebook: Digunakan oleh berbagai kalangan usia, terutama generasi X dan Y.
Twitter: sering menjadi media diskusi mengenai isu politik, ekonomi, dan masalah sosial.
Instagram: mengutamakan nilai-nilai estetika dari konten visual dan audio visual.
LinkedIn: media sosial yang identik dengan kesan profesional di kalangan pekerja dan pebisnis.
Youtube: Integrasi Youtube dan Facebook cocok untuk konten audio visual berdurasi panjang.
Peka Mengikuti Perubahan Tren

Sosmed merupakan wadah yang tepat untuk mengamati perubahan tren dan selera masyarakat. Karena hal-hal yang sedang viral di internet bisa menjadi referensi bagi Anda untuk membuat konten-konten baru. Bahkan tak jarang pula perubahan tren yang terlihat di sosmed justru membuka peluang bisnis baru yang menjanjikan.

Selalu Menciptakan Konten yang Orisinal

Perkembangan dunia internet memang membuat suatu konten bisa menyebar secara cepat. Jadi, sebaiknya Anda berusaha menciptakan konten orisinal untuk menarik perhatian pengguna sosmed. Konten-konten orisinal yang berkualitas dan menarik bisa menjadi salah satu cara efektif untuk membangun personal branding. Terutama jika konten tersebut berpotensi menjadi sesuatu yang viral.

Mengutamakan Sisi Corporate Social Responsibility (CSR)

Sosmed juga bisa dimanfaatkan untuk implementasi CSR. Menggalang dana untuk donasi dan promosi mengenai kegiatan sosial merupakan contoh konkret CSR yang bisa dilakukan melalui sosmed. Sosialisasi melalui sosmed adalah cara terbaik untuk memperoleh perhatian dari para pengguna internet. Kegiatan-kegiatan non profit tersebut adalah bentuk upaya personal branding yang cukup efektif. Karena personal branding tak selalu berurusan dengan penjualan produk atau jasa saja.

Melalui kegiatan kursus sosmed di BSD, Anda akan memperoleh banyak ilmu baru mengenai pemanfaatan sosmed untuk personal branding. Jadi, segera siapkan budget dan waktu Anda untuk mempelajari banyak hal tentang manfaat sosmed bagi bisnis.

Untuk yang mau belajar Social Media dan Ilmu Digital Marketing lainnya bisa langsung lokasi ini:

Info Tentang Kursus Social Media dan Digital Marketing lainnya

Hubungi WA 0811955001wa pembicara SEO

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website