fbpx

SEO Bisnis

Bukan berarti SEO itu tidak penting. Bahkan boleh dibilang, dari semua ilmu internet marketing, SEO lah yang pertama saya pelajari dan sudah saya tekuni lebih dari 8 tahun. Hanya saja, SEO merupakan salah satu bagian dari Digital Marketing yang sangat luas, sehingga bagi pemula, sering kali mogok di tengah jalan karena terkadang sudah melakukan optimasi namun trafik masih sangat rendah sekali. Karena memang ilmu SEO sangat luas dan membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mengoptimasinya karena bersifat organik / natural. Jadi, untuk menghindari kebosanan bagi para pemula,  ada baiknya untuk coba mencari cara lain bagaimana mendatangkan ribuan trafik ke website Anda. Walaupun trafik dari organik / natural sangat penting untuk bisnis online karena lebih terpercaya baik dari pihak search engine (robot google) dan juga customer Anda.

Akan tetapi, benarkah Anda sudah mengaplikasikan semua teknik SEO dengan benar? Memang hasil dari penerapaan SEO ini tidak bisa dirasakan langsung. Butuh waktu sekitar 2-3 bulan. Jika penerapannya benar dan optimal, sangat mungkin situs Anda dikunjungi ribuan pengunjung. Bahkan, jika Anda jeli melihat peluang, seperti penentuan keyword dengan banyak pencarian tapi kompetisi rendah, tidak mustahil situs Anda berada di page one.

“Ya, saya sudah melakukan optimasi SEO tapi hasilnya masih nol”

Jika itu jawabannya, Anda perlu coba cara lain.

Trafik Tidak Hanya dari Mesin Pencarian

Dari mana datangnya pengunjung? Kebanyakan orang akan menjawab bahwasannya pengunjung berasal dari dua kanal. Yang pertama search engine. Artinya, situs Anda harus mudah ditemukan. Atau lebih tepatnya situs Anda berada di halaman pertama.

Yang kedua, situs Anda ditemukan oleh pengunjung dari iklan, entah itu iklan berbayar atau iklan yang Anda sebar melalui media sosial secara gratis.

Iklan berbayar tentu cara yang paling mudah dan efektif. Akan tetapi, Anda harus siapkan budget yang cukup besar. Dan ini bukan cara mendatangkan trafik yang akan dibahas di artikel ini.

Sebenarnya, ada cara lain yang bisa Anda coba. Apakah harus dengan modal yang besar? Jika Anda bisa memanfaatkan situasi, Anda tidak perlu mengeluarkan modal.

  • Memanfaatkan Influencer

Siapa itu influencer? Ia adalah orang yang punya fans banyak. Tapi, tidak itu saja, Ia juga mampu memperngaruhi orang lain. Itulah influencer.

Di dunia internet marketing, sangat banyak sekali orang yang bekerja sebagai influencer. Mereka bisa saja sudah memiliki personal branding terhadap satu hal sehingga dengan sangat mudah mereka melakukan persuasi kepada banyak orang.

Contoh sederhana adalah artis. Sebenarnya, mereka juga seorang influencer. Lihat saja bagaimana mereka ditunjuk oleh sebuah perusahaan untuk memasarkan produk mereka. Hanya dengan memakai aksesoris perusahaan tersebut, misalnya, aksesoris akan laku karena banyak orang yang merupakan fans artis tersebut suka dengan aksesoris yang ia pakai.

Begitu juga dengan dunia internet marketing. Anda bisa manfaatkan seorang influencer untuk mendatangkan trafik ke website Anda. Tentu saja ada syarat-syaratnya. Setidaknya, satu syarat utama, influencer tersebut berhubungan dengan bisnis Anda. Setidaknya ada kaitan.

Contoh, jika Anda memiliki toko online yang menjual produk kesehatan, Anda bisa cari seorang influencer yang memiliki personal branding dalam hal kesehatan. Cari saja seorang blogger yang kebetulan memiliki background di bidang kesehatan. Tidak jarang lho seorang perawat, bidan, atau bahkan dokter yang suka blogging. Anda bisa meminta review dari mereka tentang toko online yang Anda miliki tersebut.

Berapa biaya yang harus Anda keluarkan? Tergantung. Sangat memungkinan biayanya nol. Kok bisa? Tentu saja bisa. Anda bisa tawarkan kerjasama dengan influencer tersebut. Misalnya saja ada pembagian keuntungan dalam prosentasi tertentu ketika ada pembelian. Mudah, kan?

  • Terus Berbagi Informasi

Jika Anda bisa menjadi seorang influencer, kenapa harus mencari influencer? Hanya saja, Anda butuh waktu yang cukup lama untuk bisa menjadi seorang influencer.

Namun, bukan berarti tidak mungkin. Modal utama seorang influencer adalah kepercayaan dari orang lain. Jadi, fokuslah untuk membuat orang tahu, kenal, dan percaya kepada Anda.

Bagaimana caranya? Salah satunya dengan terus berbagi informasi. Dan pada dasarnya, marketing atau pemasaran itu bukan menawarkan, tapi memberi informasi. Ini beda antara hard sell  dengan soft sell. Hard sell itu menawarkan produk secara langsung. Sementara itu, soft sell itu menawarkan produk secara tidak langsung. Dan yang kedua inilah yang perlu Anda lakukan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk bisa menjadi influencer.

Pertama, berikan informasi sesuai dengan yang diinginkan oleh target market Anda. Pastikan informasi tersebut sangat dibutuhkan. Semakin bagus informasi yang Anda bagikan, semakin mudah Anda dikenal dan dipercaya.

Yang kedua, bagian ke semua media sosial yang Anda miliki. Yang ketiga, bangun audience di media sosial dengan terus merespon komentar dari teman-teman Anda.

Dalam beberapa postingan, Anda bisa bagikan link situs Anda. Inilah cara memberikan awareness pada audience atau target market Anda.

Jadi, masih kekeuh terus menerapkan SEO?

SEO Itu Sederhana

Mungkin Anda sudah beli ebook tentang SEO. Atau barangkali Anda sudah mengikuti kursus SEO dengan modal jutaan rupiah namun belum ada hasilnya. Anda merasa SEO itu sulit. Padahal tidak.

Sebenarnya, SEO itu sederhana. Yang diperlukan praktik, praktik, praktik. Akan tetapi, yang dipraktikkan juga harus cara SEO yang tepat. SEO yang tepat itu meliputi beberapa hal, seperti:

  • Pemilihan keyword yang tepat
  • Optimasi SEO Onpage yang tepat
  • Pembuatan konten yang kuat

Sayangnya, banyak orang yang lupa dengan hal tersebut. Secara teknis, SEO itu bisa diterapkan oleh siapapun. Namun, kenapa ada yang berhasil dan banyak yang gagal? Itu disebabkan mereka tidak menyadari ketiga hal tersebut di atas. Mereka hanya fokus pada teknik.

Sama halnya seperti pesepakbola. Mereka menguasai teknik menendang, heading, dribble yang sama. Tapi, ada yang menjadi pesepakbola kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo dan ada yang hanya jadi pesepakbola kelas kampung. Hal tersebut disebabkan cara penerapan teknik yang beda.

Kesimpulannya, Anda bisa saja menerapkan SEO namun pastikan secara tepat. Dan jangan sepelekan hal lain untuk mendatangkan ribuan trafik. Bukan tidak mungkin hal tersebut justru lebih mudah untuk Anda lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website