Source: Google

 

Hal apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kata “blog”?

Blog memang sering dianggap sebagai media yang digunakan perseorangan untuk menuliskan ide dan opini. Orang yang gemar menulis memiliki blog untuk mengungkapkan pandangan tentang berbagai hal. Namun sebenarnya blog bukan hanya bermanfaat untuk individu. Toko online juga harus memiliki blog untuk berbagai tujuan.

Kalau Anda memiliki toko online, beberapa alasan berikut ini tentu membuat Anda semakin yakin membuat blog untuk toko online:

Media Promosi Soft Selling

Bukan rahasia lagi kalau blog merupakan media promosi soft selling yang tepat bagi toko online. Kini, netizen sudah semakin cerdas dan kritis dalam mengamati promosi produk. Sehingga promosi dengan konsep hard selling sering berujung sia-sia karena dilewatkan begitu saja. Alangka lebih baik bila Anda membuat konten yang berhubungan dengan produk toko online. Agar netizen lebih tertarik untuk membacanya.

Misalnya, ketika Anda menjual produk jam tangan, berarti Anda bisa membuat aneka konten tentang jam tangan. Tips-tips memilih jam tangan sesuai usia atau tutorial membersihkan jam tangan tentu jauh lebih menarik daripada menjual jam tangan secara terang-terangan. Netizen pun akan mendapatkan manfaat pengetahuan setelah menyimak konten blog Anda.

Membangun Branding yang Tepat

Kehadiran blog juga dapat dimanfaatkan sebagai upaya membangun branding. Melalui topik konten dan gaya bahasa di blog, Anda bisa menampilkan branding toko online yang ingin dicapai. Contohnya, toko online dengan target anak muda memiliki konten blog yang bersifat segar, menarik, dan ringan. Sedangan toko online yang menargetkan ibu rumah tangga sering membahas tema mengenai parenting dan keluarga. Pembentukan brand image ini akan berlangsung secara mudah bila blog toko online sudah memiliki trafik yang tinggi.

Mengoptimalkan SEO Bagi Toko Online

Toko online Anda tidak bisa muncul di daftar teratas mesin pencarian kalau tidak didukung Search Engine Optimization (SEO). Konten-konten blog yang berkaitan langsung dengan URL toko online Anda akan mendukung kekuatan SEO tersebut. Jika toko online Anda sudah berada di halaman utama mesin pencarian, peluang untuk mendapatkan banyak pelanggan pun semakin besar. Karena netizen akan segera mengakses toko online Anda setelah mendapatkan hasil pencarian. Anda juga bisa membuat konten blog yang menarik agar mudah viral dan dicari oleh banyak netizen.

Mempromosikan Produk Baru

Kalau promosi produk baru di toko online terasa kurang efektif, Anda bisa melakukan promosi di blog untuk mendukung upaya tersebut. Promosi di blog memungkinkan Anda mendapatkan engagement lebih besar dengan netizen yang tidak mengakses toko online Anda. Hal sepele ini akan membuat upaya promosi berlangsung lebih maksimal dan tepat sasaran.

Membangun Komunikasi dengan Pelanggan

Para pelanggan toko online kerap merasa kesulitan bila ingin berhubungan dengan customer service toko online. Itulah sebabnya kehadiran blog bisa menyiasati masalah komunikasi tersebut. Pastikan bahwa ada admin blog yang selalu siap mengunggah konten dan menjawab pertanyaan pelanggan. Komunikasi efektif dengan pelanggan akan membuat upaya branding toko online lekas tercapai.

Menambah Pemasukan Secara Online

Masih banyak orang yang belum tahu kalau blog juga bisa menjadi sumber pemasukan online. Anda bisa mendaftarkan blog toko online Anda ke Google Adsense atau media serupa. Semakin banyak pengunjung blog Anda, maka semakin besar kesempatan untuk memperoleh pemasukan tambahan. Karena adsense mau menjalin kerja sama dengan blog yang sudah memiliki reputasi cemerlang.

Belum terlambat bila toko online Anda belum memiliki blog. Sekarang, Anda bisa menyiapkan konsep blog kekinian sesuai dengan branding toko online Anda. Konsistensi mengelola blog akan mendukung perkembangan toko online secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website