makanan sehat untuk ibu hamil

Kondisi kesehatan ibu hamil dan menyusui harus diperhatikan secara telaten. Ketika hamil dan menyusui, seorang wanita akan menjadi sumber asupan gizi bagi buah hatinya. Sebab kebutuhan gizi janin dan bayi yang baru lahir memang bergantung sepenuhnya kepada sang ibu.

Kalau untuk urusan nutrisi kulit ibu hamil dan menyusui, Anda pasti mempercayakannya pada Trulum.

trulum solusi nutrisi kulit ibu hamil

Karena Trulum adalah produk perawatan kulit berbahan dasar alami dengan konsep all in one ampule. Kandungan bahan-bahan alami seperti ekstrak daun jojoba, ganggang merah, vitamin C, niacinamide, dan adenosida dalam Trulum akan menjaga kesehatan kulit Anda. Jika menggunakan Trulum secara teratur, kulit Anda akan tetap lembap, tampak cerah, dan bebas flek-flek hitam.

Namun bagaimana soal jenis makanan untuk ibu hamil dan menyusui?

Beberapa jenis makanan berikut ini ternyata sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui jika dikonsumsi dalam porsi seimbang:

Buah Avokad

Siapa sih yang tak kenal dengan buah populer yang satu ini. Buah avokad mengandung vitamin A, C, E, K, potasium, dan omega 3 yang sangat penting bagi ibu hamil dan menyusui. Sebuah penelitian kesehatan juga menyatakan bahwa konsumsi buah avokad dapat membantu memperbaiki komposisi ASI. Jika ASI mengandung banyak gizi, tumbuh kembang bayi pun akan berlangsung maksimal.

Ikan Salmon

Ikan salmon tak cuma lezat, tetapi juga mengandung banyak manfaat gizi bagi ibu hamil dan menyusui. Kebutuhan protein, omega 3, dan vitamin A akan terpenuhi jika Anda mengonsumsi ikan salmon secara teratur. Sebaiknya Anda mengonsumsi ikan salmon yang sudah diolah sampai matang sempurna. Agar tidak ada bakteri atau zat berbahaya lainnya yang tertinggal pada salmon.

Brokoli

Anda pasti tak ragu lagi mengonsumsi brokoli jika sudah tahu manfaatnya. Brokoli tak sekadar mengandung serat dan vitamin K. Lebih dari itu, brokoli juga mengandung asam folat yang baik untuk tumbuh kembang otak anak. Anda bisa mengolah brokoli sebagai bahan dasar sup, tumisan, atau pelengkap hidangan lainnya.

Kacang Hijau

Salah satu bahan makanan yang sering menjadi andalan ibu hamil dan menyusui adalah kacang hijau. Karena jenis kacang yang satu ini kaya kandungan protein nabati, vitamin E, serat, dan mineral. Kacang hijau juga sangat mudah diolah menjadi aneka jenis makanan bercita rasa lezat. Anda dapat membuat bubur manis, puding, dan variasi kue lainnya dari bahan dasar kacang hijau. Bahkan ada pula resep gulai dan laksa yang menggunakan kacang hijau sebagai bahan utama.

Yoghurt

Biasanya ibu hamil dan menyusui takut mengalami kelebihan berat badan bila mengonsumsi sembarang makanan. Namun, hal tersebut tak akan terjadi jika Anda mengonsumsi yoghurt dalam porsi seimbang. Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang kaya kalsium dan rendah lemak. Yoghurt juga kaya kandungan probiotik yang sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Risiko konstipasi (sembelit) sewaktu hamil dan menyusui pun dapat diminimalkan.

Telur

Ternyata Anda tak harus repot menyiapkan beragam bahan makanan untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Jika sedang sibuk, Anda bisa membuat makanan praktis dari bahan dasar telur. Kandungan protein, vitamin, dan mineral pada telur akan membantu memenuhi kebutuhan gizi Anda dan buah hati. Telur juga sangat mudah diolah menjadi aneka makanan lezat. Anda tak butuh waktu lama untuk menyiapkan makanan berbahan dasar telur.

Selain keenam bahan makanan tersebut, tentu saja masih banyak sekali bahan makanan lain yang patut Anda konsumsi. Jika kebutuhan gizi Anda tercukupi dengan baik, asupan gizi untuk si kecil pun akan semakin maksimal. Buah hati Anda akan tumbuh sehat seiring dengan berjalannya waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website