fbpx

pembicara digital marketing di bogot

Sebagai seorang Pembicara Digital Marketing, saya selalu menyesuaikannya dengan kebutuhan peserta. Karena beda audience, akan beda materi yang saya bawakan. Hal ini saya lakukan karena tidak semua strategi digital marketing itu efektif untuk dilakukan dalam setiap jenis usaha. Setiap strategi harus disesuaikan dengan produk/jasa usaha kita, target pasar, level branding usaha, dan lain sebaginya. Sekalipun ada cara tertentu yang berhasil dilakukan, bukan berarti cara yang sama tetap berhasil. Hal ini terkait terkait dengan banyak hal.

Karena alasan tersebut, banyak pemasar online atau yang sering dikenal dengan internet marketer tidak pernah berhenti untuk melakukan upgrade ilmu mengenai digital marketing. Banyak sekali acara kopdar atau kopi darat yang dilakukan oleh para digital marketer. Salah satunya acara seminar mengenai digital marketing yang diadakan di Bogor.

Pembicara di acara tersebut bernama Vivi Margaretha, seorang parktisi SEO yang sudah belasan tahun berada di dunia digital marketing. Sekarang, ia bekerja di Dentsu Indonesia, salah satu perusahaan periklanan terbesar di Indonesia dan juga di dunia.

Selain sebagai seorang pratisi di bidang digital marketing, ia juga mendedikasikan diri untuk berbagai ilmu dan pengalamannya selama menjadi seorang digital marketer kepada banyak orang. Ia melihat semakin banyak orang yang tertarik untuk menjadi pemasar online. Ia pun sadar pentingnya membangun perekonomian bangsa dengan cara membangkitkan semangat belajar tentang digital marketing kepada para generasi muda.

Menentukan Strategi Marketing Digital

Seperti pembukaan pada tulisan ini, ada satu warning mengenai penerapan strategi pemasaran online. Ternyata, sebuah strategi yang sangat efektif dilakukan untuk memasarkan produk tertentu belum tentu bagus untuk memasarkan produk lainnya.

Apakah itu artinya sebagai seorang internet marketer Anda harus terapkan lebih dari strategi? Bisa juga demikian. Hanya saja, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk menerapkan hal tersebut. Akan lebih baik jika Anda tahu bagaimana menentukan strategi digital marketing yang tepat.

  • Ketahui Target Market

Hal paling utama yang seharusnya dilakukan oleh seorang digital marketer adalah mengetahui karakteristik target market atau calon konsumen dari produk yang akan dijual. Berapa usia mereka? Bagaimana behavior mereka? Apakah mereka berasal dari strata ekonomi menengah ke atas atau menengah ke bawah? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang harus dijawab untuk mengetahui target market.

Ini membutuhkan data yang akurat. Maka dari itu, seorang digital marketer biasanya melakukan collecting data. Data tersebut bisa saja dilakukan melalui analisa karakter calon konsumen atau analisa produk. Tujuannya jelas, yaitu agar mengetahui siapa target marketnya dan bagaimana cara agar pemasaran efektif.

  • Menentukan Media

Namanya juga digital marketing. Tentu saja medianya adalah online. Akan tetapi, sekarang ini, media online mengalami diferensiasi. Ada yang berupa toko online, marketplace, blog, media sosial, chatting platform, email, dan lain sebagainya. Pertanyaannya adalah apa media yang cocok untuk digunakan sebagai media marketing?

Setelah tahu bagaimana behavior serta karateristik dari potential buyer, langkah selanjutnya adalah menentukan media yang tepat. Sebenarnya, ini juga sangat terkait dengan behavior. Dengan mendapatkan data dari calon konsumen, seorang digital marketer tahu media apa yang sering digunakan oleh target market.

Setidaknya dua hal tersebut yang perlu dipelajari oleh seorang digital marketer. Tentunya, hal-hal yang bersifat teknis bisa dipelajari lebih lanjut pada seminar digital marketing di Bogor.

 

Beberapa Jenis Digital Marketing Yang Masih Ampuh  

Sama halnya dengan proses pemasaran offline. Selalu ada perubahan. Dulu, acara seperti konser dangdut dianggap sebagai cara marketing yang paling ampuh. Maka dari itu, banyak perusahaan melakukan marketing dengan cara membuat acara konser dangdut. Pada acara tersebut, mereka melakukan branding dan juga marketing terhadap produk perusahaan tersebut.

Akan tetapi, cara tersebut dirasakan terlalu mahal dan kurang efektif mengingat hanya orang di daerah tertentu saja yang bisa menonton konser. Maka, muncullah cara beriklan melalui radio dan TV.

Selalu ada perubahan, tak terkecuali di dunia digital marketing. Dulu, email marketing menjadi cara yang paling ampuh. Sekali mengirim email, maka promosi akan dikirimkan ke seluruh target market yang sesuai dengan produk yang ditawarkan. Namun, email marketing dirasakan kurang efektif mengingat tidak semua orang selalu membuka email. Makanya, muncullah cara promosi digital yang baru.

  1. SEO

SEO ini singkatan dari search engine optimization. Ini cara yang paling lazim digunakan oleh para internet marketer. Bahkan, perusahaan yang sudah besar sekalipun melakukan marketing dengan cara yang satu ini.

Konsepnya sederhana. Cara ini dilakukan untuk membuat sebuah situs atau toko online berada di halaman utama mesin pencarian Google untuk kata kunci tertentu yang dibidik.

  1. Social Media Marketing

Hampir semua orang yang memiliki smartphone bermain media sosial, entah itu Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Maka dari itu, banyak internet marketer yang melakukan promosi secara online dengan memanfaatkan media sosial.

Apalagi sekarang ini sudah ada paid traffic dengan menggunakan media sosial seperti Facebook Ads. Jadi, pemasaran yang dilakukan bisa di custom sesuai dengan target marketnya.

  1. Google Adwords

Meskipun sudah ada media sosial, masyarakat masih terus menggunakan mesin pencarian Google untuk mencari info tertentu. Hal ini membuat para pemasaran online tidak pernah melewatkan untuk melakukan promosi dengan menggunakan Google Adwords. Ini cara yang paling mudah karena iklan yang dipasang akan muncul di halaman utama mesin pencarian Google.

Akan tetapi, perlu diingat kembali strategi marketing online bisa berhasil untuk satu produk tapi gagal untuk produk yang lain. Maka dari itu, jika Anda berniat menjadi seorang digital marketer, Anda harus jeli dalam melihat mana strategi marketing yang tepat untuk dilakukan.

 

Untuk Informasi Lebih Lanjut bisa Menghubungi

WA 08119555001wa pembicara SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website