fbpx

pembicara digital marketing

Pembicara digital marketing di Depok saat ini lebih membahas tentang bisnis online yang sekarang semakin marak di kalangan anak-anak muda. Istilah digital marketing sepertinya sudah tidak asing lagi, khususnya bagi anak-anak muda saat ini. Meskipun mereka tidak berkecimpung di bidang yang satu ini, setidaknya mereka memahami betul bagaimana perubahan dunia sekarang ini. Mereka lekat sekali dengan gadget dan smartphone. Dengan menggunakan device itulah mereka melakukan berbagai jenis transaksi. Di sana pula mereka tahu banyak produk yang sedang diiklankan. Dalam hal ini, mereka sadar ada orang yang berada di belakang promosi tersebut. Mereka adalah para digital marketer.

Karena perubahan inilah perusahaan besar yang sudah mapan sekalipun tidak ingin ketinggalan. Mereka bisa tergilas oleh kompetitor yang baru jika mereka tidak bisa menyesuaikan diri. Mereka tidak lagi beriklan dengan cara lama. Mereka mengerti betul pentingnya belajar mengenai digital marketing.

Hal itulah yang membuat banyak perusahaan yang mengirimkan para karyawan mereka khususnya yang bergerak di bidang marketing untuk belajar tentang cara beriklan secara digital ini. Ini sebagai cara lain selain bekerjasama dengan digital agency untuk melakukan promosi secara digital.

Akan tetapi, respon yang sama juga dilakukan oleh para pebisnis kecil dan juga menengah. Para pelaku UMKM sebenarnya yang paling memanfaatkan promosi secara online ini. Maka dari itu, tidak jarang para pelaku UMKM yang mengikuti seminar digital marketing.

Vivi Margaretha merupakan salah satu digital marketer yang sudah melalangbuana di dunia internet marketing. Sekarang ini, ia adalah seorang Head of SEO di Dentsu Aegis Network. Tugasnya adalah untuk membuat sebuah promosi digital yang efektif.

Sebelumnya, Vivi juga pernah bekerja di Mirum Agency sebagai SEO & SEM Director. Pengalaman yang panjang membuatnya ingin berbagi kepada banyak orang tentang apa itu digital marketing.

Digital Marketing Bukan Hanya Untuk Bisnis Online

Ada yang salah sangka mengenai digital marketing ini. Banyak yang menganggap digital marketing itu sebuah kampanye atau promosi yang dilakukan untuk sebuah perusahaan online. Selain itu, cara ini tidak bisa dilakukan.

Pada kenyataannya tidak demikian. Menurut Google, pada tahun 2015, penjual ecommerce meningkat mencapai 341 milyar dollar. Pada waktu itu, pencapaian tersebut sangat fantastis. Akan tetapi, 90% transaksi ternyata terjadi langsung di toko fisik atau toko konvensional.

Tentu saja angka tersebut bisa saja berubah mengingat kesadaran serta kenyamanan orang untuk melakukan transaksi secara online. Apalagi sekarang ini sudah ada payment system yang bisa membuat seseorang merasa aman untuk melakukan transaksi online.

Terlepas dari hal tersebut, harus digarisbawahi bahwasannya digital marketing itu tidak hanya untuk toko online atau perusahaan yang ingin memasarkan produk secara online. Ini bisa dilakukan bagi pebisnis offline. Jadi, digital marketing itu lebih ditujukan untuk branding saja. Sementara itu, transaksi bisa dilakukan secara online seperti di marketplace dan toko online atau secara konvensional.

Social Analytic Diperlukan

Ada sekali strategi yang bisa dilakukan untuk melakukan promosi digital. Ada yang menggunakan SEO atau search engine optimization. Ini cara yang sangat lazim dilakukan oleh pebisnis online saat ini. Ada juga yang menggunakan paid ads atau iklan berbayar. Ada Google Adwords, Facebook Ads, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, yang paling penting lagi adalah social analytic. Apa itu social analytic? Ini adalah sebuah proses analisa sosial di mana seorang digital marketer bisa mengetahui betul seperti apa user behavior yang menjadi target market.

Lebih jelas lagi, social analytic ini diperlukan untuk melihat brand awareness, brand engagement, serta share of demands melalui media digital. Dengan demikian, seorang digital marketer mengetahui data mengenai apa yang diinginkan oleh potential buyer. Dari data tersebut, produk yang dipasarkan bisa disesuaikan dengan calon konsumen. Selain itu, data tersebut juga bisa membuat digital marketer bisa membuat konten marketing, entah itu artikel, gambar, atau video yang menarik bagi potential buyer.

Hal ini sangat penting agar kampanye atau promosi yang dilakukan tidak percuma. Jadi, bisa dikatakan social analytic menjadi poin penting sebelum seorang digital marketer membuat sebuah promosi digital.

Untuk bisa melakukan hal ini, Anda membutuhkan tool tertentu. Tool ini bisa digunakan oleh siapa saja. Akan tetapi, tool tersebut hanya sebagai pembantu saja. Tetap saja Anda sebagai digital marketer yang bisa membaca data yang disajikan sehingga kemudian membuat sebuah kesimpulan seperti apa promosi digital yang efektif untuk dilakukan.

Belajar Digital Marketing

Digital marketing sebenarnya bisa dipelajari secara online. Banyak sekali tips atau tutorial mengenai bagaimana melakukan promosi secara digital. Akan tetapi, dunia digital itu dinamis. Selalu ada perubahan yang sangat cepat. Hal itulah yang membuat siapa saja sebaiknya belajar digital marketing langsung dari ahlinya, bukan dari situs yang tidak tahu siapa pembuat situs tersebut.

Jika Anda tertarik, Anda bisa ikuti seminar-seminar tentang dunia digital. Anda bisa ikuti seminar digital marketing di depok. Pembicaranya adalah Vivi Margaretha, seorang praktisi digital marketing yang sudah berpengalaman panjang menangani perusahaan-perusahaan besar.

Dan belajar digital marketing butuh waktu yang cukup lama. Anda harus menguasai banyak hal, bukan hanya satu atau sebagian saja. Jika tidak, Anda akan jauh tertinggal dari kompetitor Anda. Anda harus tahu SEO, sosial media marketing, paid ads, dan lain sebagainya. Anda juga harus mengerti berbagai jenis konten untuk digital marketing. Dengan demikian, Anda bisa menjadi seorang digital marketer yang handal. Dengan mengetahui semua hal tersebut, Anda bisa dengan bebas menentukan strategi marketing seperti apa tergantung pada produk yang Anda ingin pasarkan.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi

WA 0811 9 555 001wa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website