fbpx

pembicara digital marketing

Pembicara Digital Marketing di Jakarta mulai dikenal oleh banyak masyarakat. Jika kita berbicara tentnag digital marketing, maka akan ada banyak pilihan, seperti SEO, SEM, SMO, SMM dan lain sebagainya. Karena digital marketing itu sangat luas, maka sebutan orang yang mengajar tentang digital marketing kadang dibagi-bagi secara spesifik, seperti pembicara seo, pembicara sosial media, bahkan ada yang dibagi sangat spesifik, misalnya pembicara facebook ads, instagram, dan lain sebagainya. Selain itu ada juga  situs yang menjelaskan tentang dunia digital. Ada juga webinar yang diadakan oleh praktisi pemasaran digital. Tidak sedikit juga buku digital marketing yang sudah bisa dibeli di berbagai toko buku, entah online atau offline.

Akan tetapi, harus dipahami dunia digital marketing itu selalu berubah. Hal inilah yang membuat tidak ada satu teori atau strategi pemasaran online yang selalu efektif. Karena sebuah perubahan, startagi pemasaran online pun berubah.

Hal tersebutlah yang membuat banyak orang yang terjun di bisnis online atau bahkan mereka memang memiliki karir sebagai tenaga pemasaran online selalu melakukan upgrading. Mereka rajin ikut seminar yang biasanya rutin diadakan oleh mereka yang menggeluti dunia digital marketing. Ini sebuah investasi diri agar bisa mengikuti perkembangan zaman.

 

Konsep Digital Marketing

Meskipun selalu ada perubahan dalam hal promosi digital, konsep digital marketing sama. Setidaknya ada tiga konsep dasar digital marketing.

  1. Memanfaatkan Search Engine Marketing

Jauh sebelum adanya media sosial, search engine menjadi satu-satunya jalan untuk melakukan sebuah promosi. Google adalah search engine terbesar dan terpopular hingga saat ini. Setiap digital marketer ingin memanfaatkan Google dalam melakukan promosi. Situs atau toko online yang dipromosikan harus berada di halaman pertama Google. Ini satu-satunya cara ketika sebuah situs atau toko online ingin mendapatkan traffik.

Untuk itu, dalam dunia pemasaran online, ada yang disebut dengan SEO atau Search Engine Optimization. Ini merupakan sebuah proses optimasi situs atau toko online agar muncul di halaman satu mesin pencarian ketika users menggunakan keyword tertentu. Dalam melakukan optimasi, banyak sekali hal yang dilakukan oleh seorang digital marketer mulai dari riset keyword tertarget, optimasi situs, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar situs mendapatkan banyak trafik melalui mesin pencarian.

  1. Content Marketing

Ada banyak hal yang harus dilakukan agar toko online atau situs bisa mendapatkan trafik. Biasanya, digital marketer akan melakukan riset keyword. Ini adalah sebuah riset untuk mengetahui keyword atau kata kunci apa yang sering digunakan oleh user terkait dengan produk atau jasa yang akan dipromosikan. Setelah keyword didapatkan, proses selanjutnya adalah membuat content marketing.

Dalam hal ini, ada beberapa jenis content marketing. Content bisa berupa artikel, gambar, infografis, dan video. Jenis content yang digunakan harus disesuaikan dengan produk atau jasa yang dipasarkan secara target konsumen.

Laporan terbaru, video menjadi jenis content marketing yang lebih efektif akhir-akhir ini. Cisco melaporkan pada tahun 2017, sebanyak 90% konten yang paling sering dibagikan adalah video. Dan trend ini akan meningkat di tahun-tahun mendatang.

Meskipun demikian, hal ini tidak lantas membuat seorang digital marketer tidak menggunakan jenis content marketing lainnya. Mereka tahu marketing secara online harus dilakukan secara masif jika ingin memenangkan kompetisi yang semakin sengit.

  1. Media Sosial

Salah satu hal yang membuat perubahan signifikan dalam dunia digital marketing adalah ketika muncul media sosial. Semakin meningkatnya pengguna media sosial membuat digital marketer tidak hanya menggunakan mengoptimasi search engine. Mereka tahu banyak sekali segmen pasar yang bisa dibidik melalui media sosial.

Apalagi sekarang ini semakin banyak platform media sosial. Dan setiap platform memiliki karakteristik tersendiri. Selain itu, pengguna platform media sosial satu dengan yang lain pun memiliki karakter yang berbeda. Hal ini yang membuat strategi marketing yang dilakukan harus disesuaikan dengan media sosial.

 

Bukan Perusahaan Besar Saja Yang Butuh Digital Marketing

Apakah strategi promosi online hanya untuk perusahaan besar? Sebenarnya tidak juga. Justru sebaliknya. Para pebisnis yang baru mulai merintis sebuah bisnis kecil seharusnya memanfaatkan media internet untuk branding dan juga promosi. Dengan menggunakan media ini, budget yang harus disiapkan tidak terlalu banyak.

Akan tetapi, memang banyak perusahaan yang bekerjasama dengan digital agency untuk melakukan promosi online secara masif. Hal ini mereka lakukan karena mereka tidak ingin kalah dengan kompetitor yang baru muncul. Mereka merasa harus selalu melakukan promosi, tidak hanya secara konvensional tapi juga secara modern, yaitu dengan menggunakan media online.

Anda yang mulai merintis usaha baru juga bisa melakukan hal yang sama. Anda tidak harus membayar uang yang cukup banyak untuk bekerjasama dengan digital agency. Namun, Anda harus tahu mengenai seluk beluk digital marketing.

Untuk itu, Anda bisa ikuti seminar digital marketing di Jakarta. Vivi Margaretha adalah pembicaranya. Ia adalah seorang digital marketer di Dentsu Indonesia. Sebelumnya, ia juga pernah bekerja sebagai SEO and SEM Director di Mirum.

Selain menjadi praktisi digital marketing, Vivi sudah pernah menjadi pembicara di Toronto, Canada mengenai UX atau User Experience. Dan saat ini, ia ingin berbagi ilmu dan pengalaman mengenai strategi digital marketing kepada banyak orang.

Dengan menguasai strategi promosi digital, Anda bisa menjadi seorang marketer. Anda tidak perlu memiliki produk. Anda bisa bekerjasama dengan pemilik produk, UMKM, atau perusahaan sekalipun di mana Anda menjadi tenaga pemasarnya. Anda juga bisa menjadi pemasar yang tidak terikat dengan siapa saja. Sekarang ini, semakin banyak orang yang lebih memilih kerja independen. Mereka membuat website lalu dilakukan monotize dengan berbagai cara, entah itu untuk iklan, affiliate, promosi sebuah produk, dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa Anda dapatkan ketika Anda sudah menguasai digital marketing.

Untuk informasi lebih lanjut tentang

Pembicara Digital Marketing atau Pembicara Seo, silahkan hubungi melalui

WA 08119555001 wa pembicara digital marketing

Lokasi Jakarta:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website