Materi yang saya bawakan sebagai pembicara digital marketing tidak selalu sama. Semua disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan para audience. Kadang-kadang materi yang saya bawakan juga disesuaikan dari profesi audiencenya. Hal ini saya lakukan supaya pembahasan saya tentnag digital marketing bisa memenuhi kebutuhan para audience dan dimengerti oleh mereka.

Pada kali ini saya akan membahas tentang tahapan penting dalam melakukan digital marketing. Hail ini saya bahas karena banyak sekali orang yang mulai terjun di dunia digital marketing, tanpa tahu tentang apa itu digital marketing sebenarnya, sehingga banyak orang yang hanya mengukuti segala sesuatu tentang digital marketing seperti membangun bisnis online dan mempromosikannya, tanpa benar-benar tahu bangaimana cara membuat website yang SEO friendly sehingga mudah ditemukan di search engine dan ada juga yang menggunakan semua channel digital karena tidak tahu cara bekerja daripada masing-masing channel tersebut. Selain ini ada juga yang memilih untuk berkarir secara profesional di dunia digital marketing. Artinya, mereka memang menjadi pegawai di sebuah digital agency. Ada juga yang menjadi karyawan di sebuah perusahaan di mana mereka ditempatkan di bidang pemasaran online. Namun, tidak jarang yang menjalankan hal ini secara independen. Mereka tidak tergantung pada perusahaan atau pihak kedua manapun. Biasanya, mereka disebut dengan tenaga freelence digital marketer.

Terlepas dari hal tersebut, ada satu kesimpulan yang bisa diambil. Memang kebutuhan pemasaran online itu sangat tinggi. Ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang menjadi digital marketer. Dan kbar baiknya, menjadi digital marketer tidak ditentukan oleh lulusan sekolahnya atau universitasnya. Lulusan SMA pun bisa sukses, asal belajar di tempat yang tepat. kalau mau bukti, coba liat aja video di bawah ini:

Namun, pertanyaannya sekarang adalah apakah mereka semua bisa dikatakan berhasil? Pada kenyataannya tidak. Ada yang memang mendapatkan pendapatan dari kegiatan melakukan digital marketing. Namun, tidak jarang yang akhirnya berhenti dan mencari jenis pekerjaan yang lain.

 

Sekilas Mengenai Digital Marketing

Mungkin Anda satu dari sekian banyak orang yang masih ragu apakah benar ketika Anda terjun di dunia pemasaran online atau tidak. Agar Anda semakin jelas untuk menentukan sikap, Anda perlu tahu apa itu digital marketing dan bagaimana peluang ke depan.

Secara sederhana, digital marketing merupakan kegiatan kegiatan melakukan promosi sebuah produk atau jasa secara digital. Media yang digunakan adalah internet. Promosi bisa dilakukan melalui situs, marketplace, sosial media, email, dan lain sebagainya.

Bagaimana peluang menjadi seorang pemasar online? Ini sama seperti peluang menjadi sales konvensional. Anda pasti tahu perusahaan manapun itu bisa berkembang ditentukan oleh sales. Maka dari itu, perusahaan sangat bergantung pada sales. Itulah yang menjadi penyebab sales biasanya mendapatkan bonus jika prestasinya meningkat. Berbeda dengan karyawan di bidang lain. Gaji mereka sama lantaran beban kerjanya sama. Sementara itu, sales tidak hanya mendapatkan gaji pokok tapi juga tambahan lainnya jika penjualannya tinggi.

Namun, itu era yang lama. Jika dahulu sales melakukan pemasaran secara konvensional, sekarang yang dibutuhkan adalah digital marketing, yaitu pemasaran secara digital atau online. Yang mengerti area ini biasanya anak-anak muda lantaran mereka lah yang bersinggungan secara langsung dengan dunia digital. Maka dari itu, kebanyakan digital marketer itu adalah mereka kalangan anak-anak muda.

Peluang mendapatkan penghasilan dengan menjadi digital marketer sangat terbuka lebar. Perusahaan besar sekalipun membutuhkan mereka. Sementara itu, bisnis kecil tidak mau tergerus oleh bisnis besar sehingga mereka memanfaatkan media online untuk branding dan juga promosi.

Jadi, sudah jelas mengapa banyak sekali yang ingin menjadi seorang digital marketer, bukan? Dan Anda pun bisa menjadi pemasar online yang handal asalkan Anda tahu ilmu mengenai digital marketing.

 

Tahap Melakukan Digital Marketing

Sebenarnya, ada banyak sekali strategi yang bisa digunakan dalam melakukan pemasaran online. Anda bisa menggunakan SEO atau search engine optimization jika ingin memanfaatkan mesin pencarian untuk pemasaran. Anda bisa memanfaatkan media sosial jika Anda yakin target market Anda menggunakan platform media sosial. Anda bisa coba email marketing jika target konsumen Anda sering menggunakan email.

Terlepas dari hal tersebut, ada tahap-tahap yang harus dilalui jika Anda ingin pemasaran yang Anda lakukan benar-benar efektif.

  1. Ketahui Probabilitasnya

Probabilitas atau kemungkinan sebuah proses pemasaran online itu berhasil harus diukur sebelum sebuah strategi digital marketing Anda terapkan. Ini bisa dilakukan dengan dua cara. Yang pertama, mempelajari KPI atau Key Performance Indicator perusahaan jika Anda sebagai digital marketer sebuah perusahaan. Yang kedua, Anda bisa meneliti kompetitor. Dua hal tersebut bisa dilakukan untuk memastikan strategi digital marketing yang akan Anda lakukan memang tepat.

  1. Penerapan Strategi

Setelah menghitung probabilitasnya, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi digital marketing yang perlu Anda terapkan. Ini berkaitan dengan media yang digunakan, apakah sebuah website, marketplace, media sosial, atau yang lainnya. Strategi ini juga terkait dengan konten yang digunakan apakah berupa artikel, gambar, atau video.

  1. Action

Langkah ketiga adalah action. Setelah strategi sudah ditentukan, selanjutnya adalah melakukan action. Action ini terkait juga dengan budget yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah kampanye atau promosi. Budget dibutuhkan untuk pembuatan website, optimasi, pembuatan konten, dan lain sebagainya.

Hal-hal teknis mengenai digital marketing bisa Anda pelajari dari situs atau komunitas yang membahas tentang promosi online. Anda juga bisa ikut ke seminar-seminar yang mengundang digital marketer. Yang pasti, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggali lebih dalam mengenai digital marketing.

 

Perkembangan Digital Marketing

Sama halnya dengan yang lain. Promosi secara digital juga mengalami perubahan. Sekarang ini, promosi tidak hanya dilakukan dengan cara menyajikan sebuah konten agar ditemukan oleh target konsumen. Di satu sisi, digital marketing juga dilakukan dengan cara bekerjasama dengan influencer. Ia adalah seseorang yang bisa mempengaruhi target konsumen. Dan ini diperlukan untuk mempercepat proses branding.

Seorang influencer tidak hanya jago dalam mempengaruhi seseorang, entah itu dengan menyajikan konten berupa artikel atau video. Seorang influencer juga pastinya tahu beberapa hal mendasar seputar digital marketing. Hanya saja, biasanya seorang influencer bekerjasama dengan seorang digital marketer professional. Jadi, influencer hanya sebagai sub dari proses pemasaran online.

Apakah akan ada perubahan lain nantinya? Sangat mungkin terjadi perubahan. Digital marketing tidak hanya seputar memanfaatkan search engine atau media sosial saja. Jadi, jika Anda ingin terjun sebagai pemasar online profesional, Anda harus beradaptasi dengan perubahan sehingga Anda tahu strategi digital marketing seperti apa yang efektif untuk dilakukan.

Info Tentang Pembicara Digital Marketing,

Hubungi WA 0811955001wa pembicara SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website