fbpx

pembicara seo

Pembicara SEO Di Jakarta Barat semakin  hari semakin sering mendapat undangan. Kenapa? Karena ilmu digital marketing semakin hari semakin memegang peranan penting dalam perkembangan bisnis di dunia, termasuk di Indonesia, khususnya di Jakarta. Dan saya bukan hanya menjadi pembicara SEO di Jakarta Barat saja, tetapi juga sudah sampai keluar kota, bahkan sampai keluar negeri yaitu di Malaysia dan Canada.

Di bawah ini adalah salah satu foto, waktu saya menjadi Pembicara SEO di Mississauga, Canada

pembicara seo di toronto, canada

 

Sebagai pembicara SEO, saya sering dapat pertanyaan tentang apa bedanya pembicara SEO dan pembicara digital marketing? SEO adalah salah satu bagian dari digital marketing. Jadi digital marketing itu sangat luas, SEO adalah salah satu teknik yang ada dalam digital marketing. Jadi biasanya, kalau saya sedang jadi pembicara digital marketing, saya lebih membahas ke arah konsep dari digital marketing atau yang sering dikenal dengan sebutan bisnis online. Tetapi, kalau saya sedang menjadi pembicara SEO, saya akan fokus membahas dari sisi optimasi SEO saja (konseo dan teknis SEO).

Lalu, apa itu SEO, mungkin sebagian orang hanya pernah mendengar kata SEO saja, tetapi belum mengerti apa itu SEO atau bahkan baru pernah mendengar kata SEO. SEO atau Search Engine Optimization masih menjadi primadona bagi para digital marketer. Itulah mengapa kebanyakan pemasar online lebih memilih untuk melakukan optimasi SEO daripada strategi marketing lainnya.

Selain efektif untuk melakukan pemasaran sebuah produk, optimasi SEO lebih terjangkau dalam hal harga. Seorang digital marketer hanya perlu melakukan optimasi sebaik mungkin dan hasilnya bisa dirasakan dalam kurun waktu yang lama.

Berbeda dengan paid traffic. Ini merupakan strategi marketing di mana trafik sebuah situs didapatkan dengan cara melakukan iklan berbayar. Jadi, selama iklan dijalankan, maka trafik akan terus berdatangan. Jika iklan berhenti, maka trafiknya pun akan berhenti.

Lain hal dengan SEO. Asalkan situs sudah dirangking di halaman pertama Google, secara otomatis trafik akan terus datang. Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara membuat sebuah situs bisa muncul di halaman pertama Google. Ini yang menjadi tugas dari seorang digital marketer dalam menerapkan SEO.

Jika Anda tertarik untuk belajar mengenai bagaimana merangking sebuah website dengan cara SEO yang tepat, Anda bisa ikut seminar SEO di Jakarta Barat. Ada seorang pakar SEO yang akan berbicara di acara tersebut. Ia adalah Vivi Margaretha. Ia seorang digital marketer yang sudah malang melintang di dunia pemasaran online. Sekarang, ia bekerja di Dentsu Indonesia, salah satu perusahaan periklanan terbesar di Indonesia dan juga di dunia.

Selain sebagai seorang pratisi di bidang SEO ia juga mendedikasikan diri untuk berbagai ilmu dan pengalamannya selama menjadi seorang digital marketer kepada banyak orang. Ia melihat semakin banyak orang yang tertarik untuk menjadi pemasar online. Ia pun sadar pentingnya membangun perekonomian bangsa dengan cara membangkitkan semangat belajar tentang digital marketing kepada para generasi muda.

 

Apa Yang Dipelajari Dalam Seminar?

Dalam melakukan SEO, ada dua hal yang akan dilakukan. Yang pertama adalah optimasi SEO On Page. Yang kedua adalah optimasi SEO Off Page.

Sebelum masuk ke dalam hal yang bersifat teknis, harus dipahami dulu secara umum apa perbedaan antara optimasi SEO On Page dan SEO Off Page. Secara sederhana, SEO On Page merupakan optimasi internal. Jadi, ada beberapa hal di dalam sebuah situs yang harus dioptimasi seperti tema yang digunakan, keyword yang dibidik, penggunaan meta description, konten yang berkualitas, dan lain sebagainya.

Sementara itu, SEO Off Page merupakan optimasi eksternal atau di luar situs. Jadi, ada beberapa blog yang akan dioptimasi dengan tujuan merangking situs utama. Blog tersebut disebut juga dengan backlink. Jadi, blog tersebut seolah memberikan dorongan dan kekuatan agar situs utama naik ke halaman pertama mesin pencarian Google.

Jika Anda bertanya, mana di antara SEO On Page dan SEO Off Page yang paling penting, sebenarnya keduanya sama-sama penting. Apalagi sekarang ini hampir semua produk dipasarkan secara online. Semakin banyak juga seorang internet marketer yang menerapkan SEO dalam melakukan pemasaran online. Dan itu artinya kompetisi semakin ketat. Maka dari itu, melakukan kedua jenis optimasi sepertinya sebuah keharusan.

 

Berebut Tempat Di Halaman Utama Google

Anda bisa bayangkan berapa ratus atau bahkan ribu situs yang menjadi saingan situs Anda untuk bisa bertengger di halaman satu mesin pencarian Google. Rasanya sulit untuk mendapatkan hasil tersebut. Apalagi sudah semakin banyak orang yang tahu mengenai SEO.

Bisa dipastikan melakukan optimasi SEO itu sama. Atau setidaknya antara digital marketer satu dengan yang lain melakukan optimasi SEO yang hampir sama. Lalu, mengapa ada yang berhasil dan juga ada yang tidak berhasil? Jumlah yang tidak berhasil lebih banyak daripada yang berhasil. Hal ini disebabkan ruang untuk bisa berada di page one Google hanya beberapa situs saja. Sementara, jumlah situs yang dioptimasi bisa saja ratusan atau ribuan.

Boleh saja optimasi SEO sama secara teknis. Akan tetapi, strateginya yang sedikit berbeda. Dan ini yang membedakan antara praktisi SEO yang hebat dengan yang tidak. Mereka tahu celah dalam melakukan optimasi yang tidak dilihat oleh internet marketer lainnya.

Banyak orang yang tahu bagaimana cara optimasi SEO On Page. Namun, apakah SEO On Page yang dilakukan tepat? Tidak sedikit pula yang berhasil membuat ratusan atau bahkan ribuan backlink. Namun, apakah backlink tersebut berkualitas sehingga membuat Google mau merangking sebuah situs? Ini pertanyaan yang harus dijawab oleh seorang pratisi SEO dalam melakukan optimasi sebuah website.

Maka dari itu, mengetahui SEO On Page dan SEO Off Page secara teknis saja tidak cukup. Sebagai seorang internet marketer, Anda juga harus menguasai bagaimana melakukan optimasi situs yang tepat dan efektif.

Jika Anda bisa merangking sebuah situs, bisnis apapun bisa Anda jalankan. Anda bisa menjual sebuah produk meskipun produk tersebut bukan Anda yang buat. Anda hanya sebagai pemasar saja. Anda bisa menjadi reseller, affiliate marketer, publisher, dan lain sebagainya.

Tidak berlebihan jika ada yang mengatakan dengan menguasai dunia digital, maka siapa saja bisa sukses. Dan ini memang benar. Dengan mengerti bagaimana cara pemasaran modern saat ini, Anda bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses. Apapun bisnis yang Anda jalankan, entah menjual barang atau jasa, tumpuannya adalah pada pemasaran. Jika proses pemasaran berhasil, maka bisnis yang Anda jalankan akan berhasil.

Info Lebih Lanjut bisa Menghubungi

WA 08119555001wa pembicara SEO

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website