pembicara seo vivi margaretha

Pembicara SEO atau search engine optimization di Indonesia semakin hari semakin banyak. Bagi para pebisnis online atau yang sering disebut sebagai internet marketer, SEO masih menjadi cara terfavorit untuk dipraktikkan.

Tentu saja ini ada banyak lagi strategi pemasaran digital lainnya seperti paid traffic, Facebook ads, Google Adwords, dan lain sebagainya. Akan tetapi, ada alasan mengapa SEO masih digemari.

Alasan pertama karena lebih murah. Bukan berarti gratis. Kenapa tidak gratis? Karena setidaknya ada biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan optimasi SEO. Anda harus beli domain, hosting, membuat toko online, template, dan lain sebagainya. Belum lagi jika Anda harus hire content writer atau penulis konten karena konten sangat penting untuk SEO.

Terlepas dari hal tersebut, memang tepat jika menggunakan SEO adalah cara yang paling murah. Anda tidak perlu membayar seperti ketika Anda menggunakan paid media. Namun, yang harus Anda lakukan adalah memastikan situs muncul di halaman pertama mesin pencarian Google. Ini tujuan utama SEO.

Beruntung sekarang ini sudah ada banyak referensi mengenai bagaimana cara melakukan optimasi SEO. Anda bisa beli ebook, ikut webinar, membaca blog dari para internet marketer, dan lain sebagainya. Atau Anda juga bisa ikut di sebuah seminar yang diadakan di Jakarta Selatan. Pembicaranya bernama Vivi Margaretha, seorang parktisi SEO yang sudah belasan tahun berada di dunia digital marketing. Sekarang, ia bekerja di Dentsu Indonesia, salah satu perusahaan periklanan terbesar di Indonesia dan juga di dunia.

 

Apa Yang Dipelajari Di Seminar SEO?

Banyak sekali yang akan Anda pelajari. Pada intinya, optimasi SEO itu bagaimana membuat situs, blog, atau toko online ditemukan oleh pembaca dengan cara memastikan situs, blog, atau toko online tersebut muncul di halaman pertama Google.

Anda bisa bayangkan bagaimana situs Anda berada di halaman pertama. Apalagi jika ada puluhan atau bahkan ratusan kompetitor Anda yang memiliki situs yang sama. Anda harus berebut dengan ratusan situs sehingga situs Anda salah satu yang di halaman pertama Google.

Itu hal yang sulit tapi bukan tidak mungkin. Itu sangat mungin terjadi jika Anda tahu bagaimana melakukan optimasi sebuah situs dengan tepat.

Ada dua jenis SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.
  • SEO On Page

Sebelumnya, jika Anda bertanya mana yang harus lebih dahulu dipelajari, maka jawabannya adalah SEO On Page. SEO Off Page belakangan. Bahkan, untuk saat ini, SEO On Page itu jauh lebih penting daripada SEO Off Page. Pengaruh SEO On Page terhadap keberhasilan situs berada di halaman pertama itu sangat kuat.

Banyak yang harus dilakukan dalam optimasi SEO On Page. Paad intinya, Anda harus pastikan struktur sebuah website sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Google.

Beberapa hal teknis seharusnya langsung Anda praktekkan sembari belajar. Yang berkaitan dengan teknis bisa Anda pelajari saat seminar SEO di Jakarta Selatan. Beberapa hal yang mungkin perlu Anda ketahui terlebih dahulu adalah:

  1. User Experience

Banyak sekali orang yang serampangan dalam melakukan optimasi SEO On Page. Mereka hanya membuat konten yang hanya memuat keyword. Tujuannya tidak lagi agar sius yang dioptimasi cepat naik untuk keyword yang dibidik.

Cara tersebut pernah berhasil. Namun, jangan sampai Anda melakukan hal tersebut saat ini. Bukannya situs Anda akan dirangking oleh Google tapi justru situs akan mendapatkan pinalti.

Yang seharusnya dilakukan saat optimasi SEO On Page adalah mengutamakan user experience, yaitu bagaimana Anda memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh pembaca situs Anda.

  1. Membuat Konten

User experience itu sangat terkait dengan konten. Jika konten berupa artikel, setidaknya ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu penempatan keyword, pengunaan LSI atau Latent Semantic Indexing keyword, dan variasi keyword.

  1. Internal Link

Secara sederhana, internal link itu sebuah link yang menghubungkan antara satu konten dengan yang lain. Tujuannya tidak hanya agar pembaca mudah untuk mendapatkan konten yang lain di sebuah situs tapi juga mempermudah Google untuk melakukan crawling dari satu konten ke konten-konten lainnya.

  1. Menggunakan H1, H2, dan H3

Sama seperti ketika Anda membuat sebuah tulisan yang panjang. Akan sangat membosankan jika tulisan tersebut tidak ada subjudulnya. Subjudul inilah yang diseut dengan H2. Sementara itu, ada poin-poin lagi di dalam H2 yang kemudian disebut dengan H3.

Konsekuensinya, artikel harus sangat panjang sekali jika ada semua elemen H1, H2, dan H3. Dan semakin panjang artikel ternyata semakin bagus di mata Google. Dari sudut pandang pembaca, artikel yang panjang biasanya lengkap dan mengandung informasi yang lengkap tentang topik yang dibicarakan. Lagi-lagi ini juga ada kaitannya dengan user experience, bukan?

  • SEO Off Page

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, SEO On Page itu jauh lebih penting daripada SEO Off Page. Bahkan, ada yang bilang prosentase Off Page hanya kurang lebih 15%-20% untuk membuat situs bisa masuk ke halaman pertama Google.

Meskipun demikian, bukan berarti optimasi SEO Off Page ini tidak perlu dilakukan. Ada yang disebut dengan link building, backlink, dan juga mendapatkan trafik dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Jika Anda benar-benar ingin menjadi digital marketer atau internet marketer, Anda bisa segera daftar di seminar SEO di Jakarta Selatan. Atau Anda bisa belajar online secara gratis di www.rahasiabisnissukses.com

Peta Jakarta Selatan:

 

Informasi Lebih Lanjut

Hubungi 08119555001wa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website