fbpx

uxSource: Google

 

Prinsip dasar UX yang tepat bagi toko online sebenarnya tidak sulit diimplementasikan. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal ini menarik netizen dan memotivasi utnuk berbelanja di toko online Anda:

Kontak yang Mudah Ditemukan

Ternyata mayoritas orang kerap mengakses website atau aplikasi toko online untuk mengakses kontak. Bisa berupa kontak ke customer service, distributor, atau pihak lainnya yang bertanggung jawab terhadap toko online. Oleh sebab itu, Anda harus menyiapkan kontak yang mudah ditemukan pada halaman website dan aplikasi mobile. Jangan sampai netizen kecewa dan kesal karena kesulitan menemukan kontak yang dibutuhkan.

Proses Loading yang Berlangsung Cepat

Proses loading website dan aplikasi mobile juga mempengaruhi minat netizen terhadap suatu toko online. Netizen tidak ingin menunggu lama ketika mengakses website atau aplikasi mobile milik toko online Anda. Kemungkinan besar netizen memilih untuk tidak jadi mengakses halaman yang dituju kalau loading-nya terlalu lama.

Kini, mayoritas netizen juga mengakses toko online melalui gadget. Sehingga Anda harus menyiapkan aplikasi yang mobile-friendly ketika diakses pada gadget. Usahakan untuk membuat tampilan toko online versi mobile yang minimalis dan tak kalah menarik dibandingkan tampilan di website.

Gambar dan Teks yang Menarik dan Mudah Dibaca

Tak ada yang mau mengakses toko online dengan tampilan berlebihan. Gambar yang pecah dan teks yang warnanya tidak kontras membuat netizen sulit mendapatkan informasi produk. Jadi, kemampuan untuk memadukan teks dan gambar yang menarik juga dibutuhkan demi menyempurnakan UX. Anda juga bisa menyertakan fitur zoom pada gambar-gambar produk di toko online Anda. karena fitur sederhana yang satu ini bisa membantu netizen mengamati produk secara cermat sebelum memesan.

Tampilan Website dan Aplikasi Mobile Tampak Ergonomis

Coba Anda ingat-ingat tentang tampilan website dan aplikasi mobile toko-toko online besar di tanah air. Tata letak dan fiturnya disusun sedemikian rupa agar nyaman dilihat dan mudah diakses netizen. Toko online Anda juga bisa meraih reputasi gemilang bila memperhatikan tampilan yang ergonomis. Jika netizen merasa nyaman saat berbelanja di toko online Anda, kemungkinan besar netizen tersebut akan menjadi pelanggan setia. Rating tinggi yang diberikan netizen juga bisa menjadi sarana promosi yang menguntungkan toko online Anda.

Jangan Lupa dengan Fungsi Pencarian

Sering kali netizen mengurungkan niat belanja online jika kesulitan menemukan produk yang diinginkan. Hal ini tak akan terjadi kalau Anda menyuguhkan fitur pencarian yang mudah digunakan pada toko online Anda. Fungsi pencarian ini sangat penting untuk mendukung UX toko online. Karena netizen bisa menggunakan fitur tersebut untuk mempercepat waktu pencarian produk. Sistem algoritma toko online harus dirancang semaksimal mungkin untuk menyempurnakan hasil pencarian produk di website atau aplikasi mobile.

Jika Anda sudah memahami definisi user experience (UX) dengan baik, niscaya Anda dapat mengimplementasikannya secara tepat. Toko online kekinian memang harus mengerti kebutuhan dan selera netizen. Agar dapat mengungguli persaingan ketat dengan kompetitor sejenis. Sudahkah Anda menyiapkan rancangan toko online sesuai kebutuhan pasar?

Jika Anda masih belum mengerti, Anda bisa belajar dari Rahasia Bisnis Sukses.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website