fbpx

Optimasi Toko Online

Secara umum, optimasi website atau blog itu lebih mudah dari pada optimasi toko online. Apalagi sekarang ini banyak sekali panduan mengenai cara mengoptimasi blog. Dan sudah banyak juga yang langsung mempraktikkan hal tersebut, entah itu untuk blog pribadi, buat blog adsense, affiliate, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, hanya orang-orang tertentu saja yang mau belajar tentang optimasi SEO toko online. Dan ini merupakan peluang besar Anda untuk mengetahui hal tersebut. Ada peluang yang begitu terbuka lebar. Ketika Anda punya toko online, Anda bisa melakukan optimasi lebih mudah.

Memang beda antara optimasi blog dengan optimasi toko online. Dan mengoptimasi toko online itu sedikit lebih sulit. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut tidak bisa Anda pelajari.

 

Komponen Penting Dalam Optimasi Toko Online

Mungkin Anda bertanya, kenapa kok sulit.

Alasannya sederhana. Mesin pencari seperti Google lebih suka dengan website dengan konten yang lengkap. Padahal, di toko online, kontennya hanya berupa produk. Sangat sedikit jumlah kontennya.

Itulah yang membuat optimasi toko online itu beda dan jauh lebih sulit dibandingkan dengan optimasi blog.

Lalu, apakah itu artinya toko online tidak bisa berada di page one Google? Tentu saja tidak. Banyak juga toko online yang berada di halaman depan. Ini disebabkan pemilik toko online tahu bagian mana yang harus dioptimasi.

  1. Judul Memuat Keyword Dengan Commercial Intent

Sebenarnya sama dengan artikel di blog. Judul harus benar-benar dioptimasi dengan baik. Begitu juga dengan judul produk yang Anda jual di toko online milik Anda.

Bagaimana cara mengoptimasi judul produk?

Yang pertama, gunakan judul berupa produk yang banyak dicari oleh calon konsumen Anda. Dalam hal ini, Anda harus melakukan analisa keyword. Anda gunakan keyword yang banyak dicari yang tentu saja sesuai dengan produk yang Anda jual.

Kedua, gunakan commercial intent. Apa itu? Ini adalah kata yang digunakan oleh penggunan internet ketika ingin membeli sebuah produk. Contohnya saja kata “jual”, “beli”, “harga”, dan lain sebagainya. Anda bisa bayangkan ketika Anda mencari produk. Maka apa kata commercial intent yang Anda gunakan.

Nah, dari dua formulasi tersebut, Anda bisa membuat judul yang teroptimasi untuk sebuah toko online.

  1. Deskripsi Produk

Pastikan juga di dalam deskripsi produk, terdapat keyword yang sudah Anda riset sebelumnya. Anda tidak perlu membuat deskripsi yang panjang. Pendek saja. Yang terpenting, pastikan ada keyword yang Anda target di deskripsi.

  1. Review Dari Konsumen

Memang tidak banyak yang bisa Anda tuliskan di toko online. Akan tetapi, optimasi untuk toko online bisa dilakukan dengan cara meminta konsumen untuk membuat review tentang produk yang mereka sudah beli.

Anda pasti sering melihat kan di bagian bawah produk ada review yang ditulis oleh pembeli sebelumnya. Ini juga sangat berpengaruh terhadap rangking toko online lho. Dan yang pasti, review akan membuat calon pembeli lainnya semakin yakin dengan produk yang Anda jual.

Untuk mendapatkan banyak review, Anda bisa terapkan beberapa strategi. Anda bisa meminta review dan reviewers bisa Anda beli kupon, hadiah, atau diskon. Ini salah satu strategi yang paling sering digunakan.

  1. Optimasi Halaman Buyer Guide

Optimasi lainnya bisa dilakukan dengan cara membuat halaman buyer guide. Apa itu? Ini adalah halaman di mana Anda menjelaskan kepada pembeli bagaimana langkah-langkah yang harus mereka lakukan jika ingin membeli sebuah produk dari toko online Anda.

Ini tidak hanya sekedar memberikan informasi. Dari sisi Google sebagai mesin pencari, ini juga bagus untuk SEO toko online.

  1. Sosial Media

Apapun itu, entah itu blog atau toko online, social signal sangat mempengaruhi SEO, selain untuk men direct pengunjung dari media sosial ke toko online.

Dalam hal ini, Anda harus buat Fanpage yang diintegrasikan dengan toko online. Optimasi Fanpage dengan baik agar mendapatkan engagement yang tinggi. Ini akan sangat berpengaruh terhadap toko online Anda.

Dengan menerapkan hal tersebut, toko online Anda akan mudah sekali di ranking oleh Google.

 

Strategi Untuk Mendongkrak Penjualan

Apakah toko online yang muncul di halaman pertama Google pasti laris manis? Belum tentu juga. Harus diingat bahwa marketing hanya sarana untuk membuat banyak orang tahu dengan produk Anda. Selling atau closing itu hal yang lain. Butuh strategi lain untuk mendapatkan sales atau bahkan mendongkrak penjualan.

Setelah toko online Anda berada di halaman satu, ada kemungkinan trafik toko online Anda sangat tinggi. Dan pada dasarnya inilah tujuan utama melakukan optimasi toko online. Namun, ini bukan akhir. Anda harus mampu merubah trafik menjadi konversi. Anda menjadikan pengunjung menjadi pembeli.

Dalam hal ini, Anda harus menguasai beberapa strategi seperti list building, funnelling, dan lain sebagainya.

Yang lebih penting lagi adalah bagaimana Anda bisa membuat pembeli Anda semakin loyal dengan produk yang Anda jual.

Hal tersebut bisa Anda pelajari di Buku Optimasi Toko Online, Kitab Wajib Pebisnis Online. Selain buku, Anda juga mendapatkan bonus berupa video rekaman wawancara eksklusif dengan milyader toko online, edukasi via email selama 7 hari, video study kasus funnelling, dan lain sebagainya.

Jangan sampai toko online sudah Anda buat tapi tidak pengunjung atau konversi. Anda harus pastikan semua toko online yang Anda buat memberikan penghasilan yang semakin hari semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website