kehidupan internet markerter

Bagusnya sih bicara dulu mengenai duka menjadi seorang internet marketer atau pebisnis online daripada sukanya. Terlalu mainstream untuk membahas sukanya. Dan Anda pasti sudah tahu banyak orang yang menjalankan bisnis online di rumah bisa jalan-jalan. Foto liburan di posting di media sosial. Kelihatan menyenangkan, bukan?

Begitulah yang dipikirkan oleh orang yang mau terjun di bisnis online. Kerja santai, penghasilan besar, bisa jalan-jalan, dan lain sebagainya. Namun, jika Anda juga berpikir demikian, hapus dulu pikiran tersebut. Ada dukanya juga lho menjadi pebisnis online.

Terlepas dari hal tersebut, masa depan sepertinya tidak lepas dari digital. Sekarang ini saja, hampir semua hal sudah di digitalisasi. Jadi, sangat tepat jika Anda mulai belajar tentang internet marketing sekarang juga.

Suka Menjadi Pebisnis Online

Mungkin Anda tidak sadar ada orang di sekitar rumah Anda yang menjalankan bisnis online. Memang mereka biasanya tidak terlihat sedang bekerja. Mereka bisa saja bekerja di dalam rumah, tak punya kantor, dan jarang ke luar rumah. Pada dasarnya rumah mereka itulah kantor.

Dan para tetangga mulai menggunjing karena orang tersebut terlihat malas, tidak mau bekerja. Hanya mau di rumah saja. Nah inidia salah satu dukanya menjadi seorang internet marketer. Karena hanya duduk diam di dalam rumah, orang mengiranya ia pemalas dan tidak mau bekerja.

Tentu tidak semua orang yang diam di dalam rumah itu seorang pemain internet marketing. Bisa saja ia memang malas. Namun, biasanya, seorang internet marketing itu punya banyak barang. Ia bisa beli kendaraan, bisa beli rumah, dan bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jelas beda dengan orang yang malas atau tidak mau bekerja.

Akan tetapi, ada juga duka lainnya.

  • Sering Begadang

Seorang internet marketing tidak memiliki jadwal kerja yang pasti. Bisa saja mereka bekerja di siang hari hingga larut malam. Biasanya ini yang dilakukan kebanyakan marketer online. Makanya, sering kali mereka justru tidur di pagi hari.

Kebiasaan begadang bukan hal yang tidak menyenangkan. Justru di malam hari, mereka bisa bersemangat. Suasana hening dan kondisi adem membuat mereka mendapatkan banyak ide marketing.

Selain itu, tak jarang pada malam hari mereka meluangkan waktu untuk belajar internet marketing. Mereka juga saling berkomunikasi dengan sesama internet marketer dan saling berbagi ilmu.

  • Resiko Gagal Tinggi

Sebenarnya gagal bukan berarti rugi. Pasalnya, banyak internet marketing yang hanya melakukan promosi saja. Mereka tidak memiliki stock barang yang dijual. Dan ini menjadi salah tips dalam menjalankan bisnis online.

Namun, meskipun mereka tidak rugi secara finansial, mereka sudah rugi secara waktu. Berapa banyak waktu yang mereka gunakan tapi tidak menghasilkan income.

Resiko gagal ini semakin tinggi mengingat semakin banyak orang yang terjun di bisnis online. Bahkan, bermunculan kompetitor kelas besar yang juga melakukan pemasaran secara online. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa seseorang yang ingin menjadi internet marketer harus punya strategi yang tepat. Setidaknya bisnis modelnya harus jelas agar bisa memenangkan pertarungan di dunia bisnis online.

Jadi, masih berniat untuk terjun di bisnis internet marketing? Seharusnya, duka yang bisa terjadi tersebut membuat Anda bisa melakukan antisipasi. Ada resiko gagal karena banyak kompetitor. Dan itu artinya Anda harus matang jika akhirnya menjalankan bisnis online.

Saat Terjun Di Bisnis Online

Jika Anda pemula dan ingin mencoba bisnis online, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Masukan berikut ini perlu dipertimbangkan agar resiko rugi atau gagal bisa diantisipasi. Dengan demikian, Anda tidak mengalami masalah finansial yang begitu parah.

  1. Jangan Resign

Banyak orang yang akhirnya resign dari pekerjaan mereka setelah tergiur dengan enaknya menjadi pebinis online. Tapi, ini tidak disarankan untuk Anda lakukan. Jika Anda seorang karyawan, tetaplah jadi karyawan. Anda boleh resign ketika bisnis online Anda sudah mulai jalan dan terlihat bisa berkembang jika Anda full time terjun di bisnis ini. Jika belum ada sinyal tersebut, jangan resign dulu.

  1. Berkenalan Dengan Supplier

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, seorang internet marketing itu memiliki tugas memasarkan produk. Sementara itu, bisa saja produk yang dipasarkan itu milik orang lain. Jadi, praktis tidak ada modal yang harus dikeluarkan di awal. Anda tidak perlu membeli produk. Cukup kenalan dengan supplier dan jalin kerjasama. Yakinkan bahwa Anda bisa mendongkrak penjualan produk yang dimiliki oleh supplier tersebut.

  1. Belajar Internet Marketing

Ada orang yang lama sekali belajar internet marketing. Tidak jarang mereka seolah tersesat. Sudah banyak belajar bahkan keluar banyak uang untuk ikut seminar tapi seolah-olah mereka tidak bisa apa-apa. Tidak ada income dari bisnis online yang mereka jalankan. Ini bisa disebabkan oleh cara belajar yang kurang efektif.

Pada intinya, teknik internet marketing itu bagaimana Anda mendapatkan potential customer. Anda bisa gunakan iklan berbayar seperti Facebook Ads atau Google Adwords untuk hasil yang lebih cepat. Dan cara iklan berbayar ini ada triknya bagaimana modal iklan kecil tapi konversinya besar. Setidaknya ini yang harus dikuasai oleh seorang internet marketer saat ini mengingat kompetisi bisnis online semakin ketat.

Sebenarnya, jenis bisnis online itu bermacam-macam. Ada yang intinya menjual produk dengan teknik pemasaran online. Ada juga yang menjadi publisher Adsense di mana hanya butuh membuat konten yang menarik. Bukan jualan. Jadi, Anda harus temukan jenis bisnis yang sesuai dengan keinginan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website