fbpx

bisnis rahasiaSource: Google

 

Sudah banyak yang mengamini jika orang keturunan Tionghoa itu kaya raya. Bahkan ada yang terang-terangan mencari tahu rahasia bisnis sukses orang-orang keturunan Tionghoa. Dan ini sebenarnya tidak sulit. Ada banyak sekali orang super kaya Indonesia keturunan Tionghoa.

Akan tetapi, meniru bukan hanya sekedar melihat apa yang mereka lakukan. Jika Anda lihat, tidak ada yang beda dengan orang lain. Mereka menjalankan bisnis seperti biasa namun hasilnya luar biasa.

Makanya, ada rahasia yang tidak tampak kasat mata. Dan kini, Anda bisa belajar tentang rahasia bisnis orang Tionghoa yang sukses di usia muda. Setidaknya ada 3 pengusaha muda keturunan Tionghoa yang bisa dicontoh.

  1. William Tanuwijaya

Mungkin ada sebagian orang yang kurang familiar dengan nama yang satu ini. Namun, nama Tokopedia pasti tidak asing, bukan? Dialah yang membangun Tokopedia. Banyak sekali media massa yang menggambarkan William sebagai seorang CEO yang berasal dari menjadi penjaga warnet.

Di setiap kesempatan ia diwawancarai oleh media, William selalu bercerita bagaimana passionnya membangun sebuah platform yang kemudian dinamakan Tokopedia ini dari ketika ia menjadi penjaga warnet. Dan memang pada waktu menjadi penjaga warnet itulah ia ingin sekali membantu banyak orang untuk berjualan online. Dan dari situlah ia mulai membuat website untuk toko online untuk personal dan akhirnya membuat platform Tokopedia yang bisa digunakan oleh banyak pedagang.

Namun, dari kesuksesan tersebut, kira-kira apa yang menjadi kunci utama seorang William Tanuwijaya?

Apakah Anda pernah bertanya apakah William ini cepat kaya dengan membangun Tokopedia? Sepertinya tidak. Seharusnya ia akan lebih kaya ketika ia membuatkan website toko online untuk personal. Setiap orang akan di charge dengan harga jutaan rupiah. Jika clientnya semakin banyak, tentu ia akan mendapatkan pundi-pundi uang yang begitu banyak. Namun, ia tidak melakukan hal tersebut. Justru ia membuat platform di mana semua orang bisa menggunakan untuk jualan.

Dan harus menjadi catatan belum ada banyak marketplace seperti saat ini. Jadi, Tokopedia merupakan salah satu pinoner dalam hal marketplace. Dan sangat aneh jika William ingin sukses dan kaya dengan membuat sebuah platform yang bisa digunakan secara gratis oleh banyak orang yang belum tentu semua orang mau menggunakannya.

Lalu, apa tujuannya? Yaitu membantu banyak orang. Itulah rahasia sukses seorang William Tanuwijaya. Saat ia mendapatkan pesanan untuk membuat website atau toko online, ia berpikir tidak mungkin orang yang dengan modal kecil bisa berbisnis secara online mengingat biaya untuk membuat website itu tidak murah. Pada saat itulah ia ingin membantu banyak orang dengan modal yang minim untuk bisa berbisnis online. Bahkan, dengan platform Tokopedia ini, ia tidak menarik biaya, alias gratis.

Sekarang, Anda tahu kan apa rahasia bisnis sukses William Tanuwijaya?

  1. Ciliandra Fangiono

Nama yang satu ini juga sebenarnya cukup asing. Tidak banyak orang yang tahu tentang sosok Ciliandra Fangiono. Padahal, ia adalah salah satu orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes.

Ia memang tidak begitu dikenal karena ia terjun di bisnis sawit, sebuah bisnis yang tidak banyak terlibat di dalamnya, Berbeda dengan William yang membuat Tokopedia untuk generasi milenial. Wajar jika William lebih dikenal daripada Ciliandra.

Tapi, jika Anda tanya berapa harta yang dimiliki oleh Ciliandra, angkanya mencapai Rp 18 triliun. Pantas kan jika ia dinobatkan sebagai salah satu dari orang terkaya di Indonesia versi Majala Forbes.

Namun, banyak yang mengira ia kaya karena menjalankan bisnis keluarga. Memang ia menjadi salah satu pucuk pimpinan di First Resource, sebuah keluarga milik keluarga yang bergerak di bidang kelapa sawit. Akan tetapi, tidak banyak yang tahu jika ia tidak mendapatkan posisi tersebut begitu saja. Ia mulai dari bawah menjadi karyawan sebuah bank investasi di Singapura. Beberapa tahun kemudian ketika ia sudah merasa siap, ia baru kembali pulang dan memegang perusahaan keluarga tersebut.

Apa poin pentingnya? Bahkan rahasia sukses pengusaha keturunan Tionghoa itu adalah kerja keras. Tidak ada istilah take it for granted. Ciliandra harus memulai dari nol besar hingga akhirnya keluarga merasa ia sudah mampu dan pantas untuk memimpin sebuah perusahaan.

  1. Yoris Sebastian

Generasi muda pasti tahu nama yang satu ini. Ia dikenal sebagai seorang mentor bagi anak-anak muda yang terjun di bidang industri kreatif.

Ia adalah pendiri OMG Creative Consulting. Penghargaan paling bergensi yang pernah ia dapatkan adalah Most Promising Entrepreneur di ajang Asia Pacific Entrepreneur Award Winner. Dan sekarang, ia sangat aktif untuk menumbuhkan jiwa-jiwa kreatif anak-anak muda. Banyak sekali industri kreatif yang berasal dari pemikiran Yoris, seperti konsep pemasaran word of mouth untuk XL, kosmetik Caring Colours, serta Queen Bee.

Lalu apa rahasia sukses seorang Yoris? Berpikir kreatif. Tidak seperti kebanyakan orang yang berpikir tentang memajukan sebuah bisnis dengan cara meningkatkan nilai investasi. Ia justru terus berkarya dan mengeluarkan ide-ide yang kreatif.

Tentu saja masih banyak rahasia sukses orang keturunan Cina atau Tionghoa yang bisa Anda pelajari. Namun, setidaknya tiga orang tersebut bisa menginspirasi Anda ketika ingin sukses menjadi pengusaha.

Ada banyak pengusaha yang bangkrut. Banyak orang yang jadi karyawan tapi kaya raya. Hal tersebutlah yang membuat tidak banyak orang yang memiliki mental pengusaha. Dan dengan membaca kisah sukses tersebut di atas, setidaknya ada secercah cahaya di mana Anda yakin bisa sukses menjadi pengusaha. Dan yang paling penting, temukan rahasia bisnis sukses sesuai dengan jenis bisnis yang Anda jalankan serta kondisi di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website