SEO dan SEM

Apakah Anda merasa familiar dengan istilah SEO dan SEM?

Kedua istilah tersebut memang tak asing lagi di dunia internet. Sistem SEO dan SEM harus diaplikasikan untuk mendukung posisi suatu keyword pada mesin pencari di internet. Inilah yang membuat banyak pelatihan SEO dan SEM semakin digandrungi oleh para pebisnis online.

Sebelum mencari informasi tentang pelatihan SEO dan SEM, mari mengenal SEO dan SEM secara lebih detail.

Search Engine Optimization (SEO) adalah suatu teknik yang digunakan untuk menempatkan halaman website dengan keyword tertentu pada halaman depan mesin pencari. Ketika para pengguna internet menggunakan keyword tersebut, maka website yang sudah dilengkapi SEO akan muncul pada halaman pertama. Peluang akses yang dilakukan para pengguna internet pada website tersebut pun akan semakin besar.

Penggunaan Search Engine Marketing (SEM) agak berbeda dengan SEO. Mungkin Anda pernah melihat iklan yang muncul pada bagian teratas mesin pencari sewaktu Anda menggunakan keyword tertentu. Iklan tersebut biasanya ditandai dengan warna abu-abu dan kata ”ad” yang berarti advertorial. Biasanya, orang-orang yang berniat ingin membeli sesuatu secara online akan tertarik mengakses iklan tersebut. Inilah yang membuat para pebisnis online kerap menyiapkan budget khusus untuk mengaplikasikan teknik SEM.

Mengenal Ragam Manfaat SEO dan SEM

Pemanfaatan SEO dan SEM tak sekadar memunculkan bisnis online Anda pada halaman pertama mesin pencarian. Lebih dari itu, ada beragam manfaat bagi bisnis online Anda bila Anda menggunakan teknik SEO dan SEM. Kalau Anda berniat mengikuti pelatihan SEO dan SEM, tekad tersebut pasti semakin kuat setelah Anda memahami beberapa manfaatnya:

Meningkatkan Popularitas Brand

Mungkin selama ini bisnis online Anda kurang populer karena Anda belum melakukan promosi dengan tepat. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan penerapan teknik SEO dan SEM yang tepat. Para pengguna internet akan lebih mudah mengenali bisnis online Anda kalau Anda menggunakan keyword yang tepat pada mesin pencarian. Proses promosi modern ini tentu sangat efektif untuk memperkenalkan brand bisnis Anda. Karena kini mayoritas orang menggunakan internet untuk mencari informasi sebelum membeli produk atau jasa.

Kredibilitas Bisnis Online Semakin Baik

Mayoritas pengguna internet yang menggunakan mesin pencari biasanya mempercayai hasil pencarian pada dua hingga tiga halaman pertama saja. Sebab hasil pencarian pada halaman-halaman pertama tersebut biasanya lebih berkualitas. Jadi, tak mengherankan jika kredibilitas bisnis online Anda akan meningkat jika Anda menerapkan teknik SEO dan SEM.

Menjalin Komunikasi Efektif dengan Pelanggan

Selama ini mungkin para pelanggan merasa kesulitan untuk terhubung dengan bisnis online Anda. Karena Anda tidak mencantumkan informasi jelas mengenai kontak yang dapat dihubungi. Namun, hal tersebut tak akan terjadi lagi jika Anda menggunakan teknik SEO dan SEM untuk bisnis online Anda. Nanti, bisnis online Anda akan lebih mudah ditemukan oleh para pelanggan. Informasi tentang kontak dan hal-hal penting lainnya pun akan lebih mudah diakses. Para pelanggan bisa menghubungi Anda secara leluasa untuk sekadar bertanya atau melakukan pemesanan produk dan jasa.

Mempelajari teknik SEO dan SEM secara otodidak belum tentu bisa memberikan hasil maksimal bagi bisnis online Anda. Oleh sebab itu, kini Anda tak perlu ragu mengikuti pelatihan SEO dan SEM dari tempat kursus terpercaya. Bekal dari pelatihan tersebut akan membuat Anda lebih terampil mengelola bisnis online. Peningkatan omset dan popularitas bisnis pun tak lagi mustahil kalau Anda sudah terampil menerapkan sistem SEO dan SEM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website