cara memperbaiki fungsi hati

Hati merupakan salah satu organ vital bagi manusia. Karena organ tersebut berperan penting untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dan daya tahan tubuh. Bila organ hati mengalami kerusakan, tentu saja hal tersebut akan turut berdampak buruk pada metabolisme tubuh secara keseluruhan. Itulah yang membuat Anda wajib memperbaiki fungsi hati secara alami jika pernah mengalami penyakit yang berkaitan dengan organ tersebut.

Tak perlu panik bila Anda pernah mengidap hepatitis atau penyakit hati lainnya. Mari memperbaiki fungsi hati dengan mengonsumsi tujuh makanan sehat ini:

Bawang Putih

Ternyata tak banyak orang yang tahu bahwa bawang putih adalah jenis bumbu yang berkhasiat memperbaiki fungsi hati. Senyawa sulfur yang terkandung dalam bawang putih sangat efektif untuk membantu membersihkan hati. Selain itu, bawang putih juga mengandung allicin dan selenium yang terbukti ampuh melindungi hati dari kerusakan akibat racun.

Aneka Jenis Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, selada, dan sawi memiliki kandungna mineral yang dapat menetralkan logam dan zat-zat kimia berbahaya lainnya. Jika Anda rutin mengonsumsi sayuran hijau dengan porsi seimbang, berarti Anda telah membantu meringankan kinerja organ hati untuk menyaring racun-racun yang masuk ke tubuh.

Jeruk

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat dalam jeruk sangat baik untuk menjaga kesehatan organ hati. Proses pemulihan fungsi hati akan berlangsung maksimal bila Anda menyantap jeruk dengan porsi seimbang. Selain jeruk, lemon juga tak kalah efektif untuk memperbaiki fungsi hati secara alami.

Kunyit

Kini Anda pasti tak ragu lagi menggunakan kunyit sebagai bumbu masakan setelah mengetahui manfaatnya. Kunyit dapat membantu mencerna lemak dan menstimulasi produksi cairan empedu. Sehingga kinerja organ hati menjadi lebih ringan kalau Anda sering mengonsumsi kunyit dalam aneka hidangan.

Teh Hijau

Ada kabar baik bagi Anda yang gemar mengonsumsi teh hijau. Kandungan antioksidan teh hijau yang disebut katekin merupakan senyawa yang mampu menghilangkan tumpukan lemak pada hati. Konsumsi teh hijau secara teratur akan membantu menjaga fungsi hati dan menghindarkannya dari pengaruh zat-zat kimia berbahaya.

Avokad

Buah avokad tak hanya terkenal karena cita rasanya yang creamy dan cocok diolah menjadi hidangan penutup. Buah yang kaya kandungan lemak nabati ini juga mengandung senyawa glutathione yang dapat membantu membersihkan hati. Konsumsi avokad akan memaksimalkan proses detoksifikasi hati. Sehingga kinerja organ hati akan semakin maksimal kalau Anda rutin mengonsumsi buah avokad.

Bit

Apakah Anda sering mengonsumsi buah bit?

Buah bit paling cocok diolah menjadi jus atau sebagai bahan pewarna makanan alami. Buah berwarna merah keunguan ini mengandung senyawa flavonoid yang penting untuk memperbaiki fungsi hati. Jika fungsi hati senantiasa maksimal, daya tahan tubuh Anda pun akan semakin kuat.

Anda juga bisa memperbaiki fungsi hati secara mudah bila mengonsumsi Spirulina secara teratur. Spirulina adalah produk Synergy yang terbuat dari bahan dasar ganggang mikro biru-hijau. Produk andalan Synergy ini kaya kandungan protein, asam amino, vitamin, mineral, dan pigmen alami untuk mendukung fungsi hati. Spirulina adalah suplemen yang cocok dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga lansia. Kerusakan organ hati akibat infeksi dan racun akan berangsur-angsur membaik bila Anda mengonsumsi Spirulina. Bila organ hati berfungsi maksimal, kadar gula darah dan kadar kolesterol Anda pun akan senantiasa stabil.

Mulai sekarang, jangan menghindari tujuh bahan makanan sehat tersebut, ya. Kombinasi tujuh makanan sehat dan konsumsi spirulina akan memberikan manfaat istimewa bagi organ hati Anda.

spirulina synergy

 

 

 

Sumber:
https://lifestyle.kompas.com/read/2015/10/22/193500023/Perbaiki.Fungsi.Liver.untuk.Turunkan.Gula.Darah
https://www.republika.co.id/berita/humaira/sana-sini/13/11/18/mwg3pm-8-makanan-tepat-untuk-hati-sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website